Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya

Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya - Berdasarkan aspeknya, motif yang men dorong manusia melakukan tindakan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi motif-motif ekonomi berikut.


a. Motif Ekonomi untuk Memenuhi Kebutuhan
Motif ini akan mendorong manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga dapat mencapai kemakmuran. Misalnya, Pak Fauzi seorang karyawan pabrik yang telah memiliki istri dan satu orang anak. Pendapatannya sebagai karyawan pabrik tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Oleh karena itu, untuk menambah pendapatannya pada malam hari ia berjualan nasi goreng di depan rumahnya. Tindakan Pak Fauzi tersebut dilakukan atas dasar keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga keluarganya dapat hidup makmur.

Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya



b. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan
Motif ini akan mendorong manusia melakukan tindakan untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat atau perusahaan. Contoh motif memperoleh kekuasaan adalah pemilihan calon kepala daerah (Pilkada) yang dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Mereka berkampanye, berlomba meraih simpati massa. Harapanya adalah agar banyak masyarakat memilih dirinya. Motif utama para peserta Pilkada tentunya untuk memperoleh kekuasaan, yaitu menjadi kepala daerah. Tindakan tersebut, biasanya dilakukan atas dasar motif untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat.


c. Motif untuk Kepentingan Sosial
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan untuk menolong sesamanya. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh pendapatan. Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, orangtuamu juga menyisihkan sebagian pendapatannya untuk membiayai sekolah anak tetanggamu yang sudah yatim. Tindakan tersebut merupakan salah satu contoh tindakan yang dilakukan atas dasar motif untuk kepentingan sosial.


d. Motif untuk Memperoleh Penghargaan
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan dengan tujuan ingin dihargai oleh orang lain. Misalnya, Pak Ramli karyawan sebuah instansi swasta dengan pendidikan sarjana (S-1). Meskipun sudah bekerja dan memiliki penghasilan yang cukup, Pak Ramli ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2 agar lebih dihargai karena memiliki pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, Pak Ramli melanjutkan pendidikannya di sebuah perguruan tinggi. Tindakan Pak Ramli tersebut merupakan salah satu tindakan yang didorong motif memperoleh penghargaan.

Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya 1



e. Motif untuk Memperoleh Keutungan
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan untuk memperoleh laba atau keuntungan dalam melakukan usahanya. Misalnya, Ibu Ratna memiliki usaha berdagang pakaian di sebuah pasar di Jakarta.

Setiap hari, ia membeli lima kodi pakaian dari toko grosiran. Kemudian, menjual pakaian tersebut secara eceran dengan harga yang lebih tinggi dari harga pokok pembeliannya. Selisih hasil penjualan dengan harga pokok pembelian pakaian tersebut merupakan keuntungan bagi Ibu Ratna. Dengan keuntungan tersebut, Ibu Ratna dapat membantu suaminya memenuhi kebutuhan keluarga. Tindakan Ibu Ratna tersebut merupakan contoh tindakan yang didorong motif untuk memperoleh keuntungan.

Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya 3


Apakah semua keinginan yang mendorong manusia melakukan suatu tindakan merupakan motif ekonomi? Jawabannya, tentu saja tidak karena tidak semua tindakan manusia dilandasi motif ekonomi. Ada juga tindakan manusia yang dilakukan bukan berdasarkan motif ekonomi. Misalnya, karena adat istiadat atau kebiasaan. Jadi, motif manusia melakukan suatu tindakan dapat dibedakan menjadi motif ekonomi dan motif non-ekonomi.


Mengenai Tindakan Ekonomi Dalam Kegiatan Konsumsi Produksi Distribusi ini dapat menambah pengetahuan anda


Perbedaan motif ekonomi dan motif nonekonomi, yaitu sebagai berikut.
1) Motif ekonomi, yaitu motif yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi. Adapun motif nonekonomi, yaitu motif yang mendorong manusia melakukan tindakan bukan karena alasan ekonomi. Misalnya, karena alasan kewajiban, adat istiadat, atau perbuatan yang tiba-tiba dan tidak disengaja.
2) Motif ekonomi mendorong manusia melakukan tindakan berkaitan dengan kegiatan pokok ekonomi, Misalnya, kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Adapun motif non-ekonomi mendorong manusia melakukan tindakan di luar kegiatan pokok ekonomi.

Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya 4



0 Response to "Jenis Macam Motif Ekonomi Berdasarkan Aspeknya"

Post a Comment