Tindakan Ekonomi Dalam Konsumsi Produksi Distribusi

Tindakan Ekonomi Dalam Konsumsi Produksi Distribusi - Seperti telah dijelaskan di Bab 6, kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan jumlahnya terbatas. Oleh karena itu, manusia melakukan berbagai tindakan sebagai upaya memenuhi kebutuhannya. Setiap orang sibuk melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya, ada yang berprofesi sebagai petani, guru, dokter, karyawan, nelayan, peternak, dan profesi lainnya. Petani akan mengolah lahan pertaniannya, kemudian menanam benih, menyiram, dan memupuk tanaman tersebut sampai jangka waktu tertentu tiba saatnya memanen hasilnya. Selanjutnya, hasil panen tersebut dijual untuk memperoleh uang yang digunakan membeli berbagai kebutuhan.

Tindakan Ekonomi Dalam Konsumsi Produksi Distribusi


Pada dasarnya, setiap orang menekuni bidang profesi tertentu dengan harapan memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan demikian, segala usaha yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas untuk mencapai kemakmuran disebut tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi yang dilakukan manusia pada umumnya meliputi tiga hal, yaitu tindakan ekonomi dalam konsumsi, tindakan ekonomi dalam produksi, dan tindakan ekonomi dalam distribusi.

1. Tindakan Ekonomi dalam Konsumsi
Pada dasarnya, tindakan ekonomi yang dilakukan manusia adalah untuk memenuhi  kebutuhan hidup.

Pak Andi memiliki sebuah mobil sedan. Setiap hari, Pak Andi mengisi bahan bakarnya dengan pertamax. Namun, karena harganya semakin mahal, Pak Andi mengalihkan konsumsi bahan bakar mobilnya menjadi premium (bensin) dengan alasan menghemat biaya.

Berdasarkan contoh tersebut, tindakan Pak Andi meng alih kan konsumsi bahan bakar dari pertamax menjadi premium (bensin) merupakan tindakan ekonomi yang ditujukan untuk konsumsi.



2. Tindakan Ekonomi dalam Produksi
Selain tindakan ekonomi yang ditujukan konsumsi, manusia juga melakukan kegiatan dengan tujuan menghasilkan barang atau jasa.
Pak Ali bekerja sebagai penjahit pakaian. Setiap hari, ia menerima banyak pesanan jahitan baju dari pelanggannya. Dari hasilnya menjahit, Pak Ali memperoleh sejumlah uang.

Tindakan Ekonomi Dalam Kegiatan Konsumsi Produksi Distribusi


Berdasarkan contoh tersebut, tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Ali ditujukan untuk menghasilkan barang (produksi) berupa pakaian yang bermanfaat bagi orang lain.



3. Tindakan Ekonomi dalam Distribusi
Tidak semua tindakan ekonomi dilakukan dengan tujuan konsumsi maupun produksi. Sebagian orang melakukan tindakan ekonomi dengan tujuan distribusi, yaitu menyalurkan barang atau jasa kepada pihak yang memerlukannya.


Sebelumnya mengenai materi Keterbatasan dan Cara Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi ini dapat menambah pengetabuan anda


Misalnya, Pak Aris adalah seorang agen minyak tanah. Setiap minggu, ia mendapat kiriman dari Pertamina sebanyak 5000 liter minyak tanah. Minyak yang diterima dari Pertamina, ia distribusikan kepada pedagang eceran atau langsung ia jual kepada konsumen.

Dengan demikian, tindakan Pak Aris menyalurkan minyak tanah merupakan tindakan ekonomi yang didasari untuk distribusi.


0 Response to "Tindakan Ekonomi Dalam Konsumsi Produksi Distribusi"

Post a Comment