Cara Menghitung Harga Keseimbangan

Cara Menghitung Harga Keseimbangan dan Jumlah Keseimbangan - Adalah berikut materi yang bisa anda pelajari untuk memahami masalah ini.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencari atau menghitung besarnya harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan, yaitu dengan menggunakan tabel, kurva, dan pendekatan matematis.

a. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Tabel
Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan, di sini kita harus menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan). Melalui tabel tersebut, kita akan bisa melihat pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan). Itulah harga dan jumlah keseimbangan yang kita cari. Berikut ini sebuah tabel yang sudah disusun Tanti dari data-data yang ada. Tugas kita sekarang menentukan berapa harga dan jumlah keseimbangannya.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Tabel



Dari tabel di atas terlihat bahwa pada harga Rp4.000,- jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Ini berarti, harga keseimbangan terjadi pada saat harga sebesar Rp4.000,- dan jumlah keseimbangan terjadi pada saat pensil berjumlah 60 unit

b. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva
Adakalanya kita mendapatkan tabel yang tidak memperlihatkan secara langsung adanya harga dan jumlah keseimbangan, seperti tabel berikut.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva


Oleh karena itu untuk mendapatkan harga dan jumlah keseimbangan, kita harus menggambar kurvanya. Berikut kurva permintaan dan kurva penawaran ketela rambat.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva 1




Dari perpotongan kurva permintaan dan kurva penawaran (Gambar 5.8) didapat titik keseimbangan (E). Pada titik keseimbangan (60,350) inilah kita mendapatkan harga dan jumlah keseimbangan. Harga keseimbangan yang terjadi adalah Rp350,- dan jumlah keseimbangannya 60 ton. Berikut ini contoh kedua mencari harga dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan kurva. Diketahui tabel berikut:

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva 2


Tabel di atas tidak memperlihatkan secara langsung berapa harga dan jumlah keseimbangan. Oleh karena itu, kita harus mencarinya dengan membuat kurva permintaan dan kurva penawarannya. Dari perpotongan kurva permintaan dan penawaran (Gambar 5.9), kita memperoleh harga keseimbangan sebesar Rp3.250,- dan jumlah keseimbangan sebesar 425 unit.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Kurva 3


c. Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis
Pendekatan matematis kita gunakan dalam mencari harga dan jumlah keseimbangan apabila data yang kita miliki berbentuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan dari kedua fungsi tersebut, kita menggunakan rumus syarat keseimbangan berikut:

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis



dimana Qd = jumlah yang diminta Pd = harga yang diminta Qs = jumlah yang ditawarkan Ps = harga yang ditawarkan

Contoh pertama:
Diketahui fungsi permintaan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran Qs = 4P – 50. Tentukanlah berapa harga jumlah dan keseimbangan!

Jawab: Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs atau Pd = Ps (kita gunakan yang pertama).

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis 1


Diperoleh P (harga) keseimbangan = 18. Untuk mencari Q (jumlah) keseimbangan kita harus memasukkan P keseimbangan (18) ke salah satu fungsi di atas. Bisa dimasukkan ke fungsi permintaan atau ke fungsi penawaran.
P = 18 Q = 40 – P
Q = 40 – 18
Q = 22
Maka didapat Q (jumlah) keseimbangan sebesar 22.
Contoh kedua:
Diketahui:
Fungsi permintaan Pd = –2Q + 150 dan fungsi penawaran Ps = Q + 60.
Tentukanlah harga dan jumlah keseimbangannya!
Jawab:
Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs atau Pd = Ps (kita gunakan yang kedua)

Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis 2



Diperoleh Q keseimbangan = 30. Untuk mencari P (harga) keseimbangan, kita harus memasukan Q keseimbangan = 30 ke fungsi permintaan atau ke fungsi penawaran.
Q = 30 P = Q + 60
P = 30 – 60 = 90
Maka diperoleh P (harga) keseimbangan sebesar 90.
Contoh ketiga
Diketahui:
Fungsi permintaan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran 4Ps = Q + 40. Tentukan berapa harga dan jumlah keseimbangan.

Jawab:
Berdasarkan bentuk kedua fungsi itu maka kita menggunakan syarat keseimbangan, Qd = Qs. Dengan demikian, fungsi penawaran 4Ps = Q + 40 harus diubah menjadi bentuk Q = f(P).
4P = Q + 40
–Q = –4P + 40 (dikalikan –1)
Q = 4P –40
Jadi sekarang 4P = Q + 40 sudah berubah menjadi Q = 4P –40
Langkah selanjutnya:


Cara Menghitung Harga Keseimbangan Menggunakan Pendekatan Matematis 3

Diperoleh P (harga) keseimbangan sebesar 16.
Untuk mencari jumlah (Q) keseimbangan kita harus memasukkan P = 16 ke
fungsi permintaan atau ke fungsi penawaran.
P = 16  Q = 40 – P
Q = 40–16 = 24
Maka diperoleh Q (jumlah) keseimbangan sebesar 24.

0 Response to "Cara Menghitung Harga Keseimbangan"

Post a Comment