Pengertian Jenis Macam Motif Ekonomi

Pengertian Jenis Macam Motif Ekonomi - Setiap orang memiliki alasan, mengapa ia melakukan tindakan ekonomi? Misalnya, kamu membeli tas baru karena tas yang lama sudah rusak. Alasan yang mendorong kamu membeli tas baru disebut motif ekonomi. Jadi, motif ekonomi adalah alasan atau keinginan yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi. Motif manusia untuk melakukan tindakan ekonomi bermacam-macam dan berbeda antara yang satu dan yang lainnya.


Secara umum, ada dua motif yang mendasari seseorang melakukan tindakan ekonomi, yaitu motif berdasarkan asalnya dan motif berdasarkan aspeknya.


1. Motif Berdasarkan Asalnya
Berdasarkan asalnya, motif ekonomi terdiri atas motif intrinsik dan motif ekstrinsik.
a. Motif Intrinsik
Motif intrinsik adalah motif yang timbul atas dasar kesadaran manusia itu sendiri. Misalnya, kamu ingin prestasi belajarmu di sekolah bagus. Tentunya, kamu akan bersungguh-sungguh dalam belajar. Tindakan yang kamu lakukan, di antaranya memerhatikan setiap penjelasan guru dengan saksama, rajin mengerjakan tugas dari guru, di rumah mengulang kembali pelajaran yang diberikan di sekolah, dan banyak membaca buku. Tindakan-tindakan tersebut kamu lakukan atas dasar kesadaran sendiri karena kamu ingin menjadi siswa berprestasi.

Pengertian Jenis Macam Motif Ekonomi


b. Motif Ekstrinsik
Motif ekstrinsik adalah motif ekonomi yang dilandasi atas dasar dorongan atau pengaruh dari orang lain atau lingkungan. Misalnya, kamu ingin membeli sepatu baru karena melihat teman kelasmu membeli sepatu baru. Kamu berusaha menabung uang saku yang diberikan orangtuamu agar bisa membeli sepatu baru. Contoh lainnya, orangtuamu ingin menyekolahkan semua anaknya sampai perguruan tinggi seperti anak-anak tetanggamu. Tentunya, orangtuamu akan berusaha keras untuk memperoleh pendapatan tambahan agar dapat menabung. Kemudian, uang tersebut digunakan untuk biaya pendidikan anak-anaknya sampai perguruan tinggi. Oleh karena itu, kamu harus belajar sungguh-sungguh agar bisa mewujudkan cita-cita orangtuamu.



Berdasarkan aspeknya, motif yang men dorong manusia melakukan tindakan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi motif-motif ekonomi berikut.
a. Motif Ekonomi untuk Memenuhi Kebutuhan
Motif ini akan mendorong manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga dapat mencapai kemakmuran. 
b. Motif untuk Memperoleh Kekuasaan
Motif ini akan mendorong manusia melakukan tindakan untuk memperoleh kekuasaan di masyarakat atau perusahaan.
c. Motif untuk Kepentingan Sosial
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan untuk menolong sesamanya. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh pendapatan.
d. Motif untuk Memperoleh Penghargaan
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan dengan tujuan ingin dihargai oleh orang lain.
e. Motif untuk Memperoleh Keutungan
Motif ini mendorong manusia melakukan tindakan untuk memperoleh laba atau keuntungan dalam melakukan usahanya.


0 Response to "Pengertian Jenis Macam Motif Ekonomi"

Post a Comment