Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank

Peran Siswa dalam Memanfaatkan Produk-Produk Perbankan dan Lembaga Keuangan Lain - Di kehidupan modern seperti sekarang, peranan bank sudah tidak mungkin dipisahkan dari seluruh gerak kehidupan ekonomi. Dengan berbagai fungsi dan produknya, bank bagaikan urat nadi kehidupan ekonomi di semua negara, apalagi bagi negara-negara yang sudah maju. Oleh karena itu, sebagai pelajar yang kelak akan berperan sebagai pelaku ekonomi, sudah sewajarnya para siswa memanfaatkan produk-produk perbankan dan produk lembaga keuangan lainnya.

Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank



Ada beberapa alasan yang bisa mendorong kita memanfaatkan produk perbankan dan lembaga keuangan yang lain, di antaranya yaitu:
1. Supaya hidup hemat
Supaya hidup hemat kita dapat menghindari atau mengurangi belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan dengan cara menyimpan (menabung) uang di bank. Karena umumnya uang lebih cepat habis jika ada di tangan kita.
2. Menambah penghasilan
Kita bisa menambah penghasilan dengan menabung di bank atau berinvestasi di pasar uang dan pasar modal, karena akan mendapatkan bunga tabungan.
3. Demi keamanan
Dengan menyimpan uang di bank, kita bisa terhindar dari bahaya kecurian, penodongan, perampokan dan kebakaran.
4. Meningkatkan produktivitas
Dengan menyimpan uang di bank maka uang tersebut dapat dipinjamkan lagi ke nasabah lain untuk membuka usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Dengan demikian, produktivitas dapat meningkat.
5. Mempermudah urusan pembayaran
Adanya jasa transfer (pengiriman uang) dapat mempermudah siapa pun, terutama pedagang yang perlu melakukan pembayaran antar kota dan antar negara.
6. Merencanakan masa depan (misalnya dengan mengikuti asuransi pendidikan).
Adapun peran-peran yang bisa dilakukan siswa dalam memanfaatkan produk-produk perbankan dan lembaga keuangan lainnya adalah:


Tabungan
Siswa dapat menyimpan uang di bank dalam bentuk tabungan. Tabungan merupakan simpanan di bank untuk masa depan.


Pengiriman Uang (Transfer)
Adanya jasa pengiriman uang sangat membantu siswa yang tinggal jauh dari orangtuanya. Siswa tidak perlu pulang untuk mengambil uang, tetapi tinggal mengambil uang kiriman orangtua di bank terdekat.


Asuransi
Dengan mengikuti program asuransi, terutama asuransi beasiswa atau asuransi pendidikan maka biaya pendidikan siswa akan ditanggung perusahaan asuransi ketika waktunya tiba. Asuransi pendidikan sangat membantu siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Dalam program asuransi ini, orang tua siswa harus mengikat kontrak dengan perusahaan asuransi.

0 Response to "Manfaat dan Pemanfaatan Produk Bank"

Post a Comment