Semakin Banyak Semakin Disukai

Semakin Banyak Semakin Disukai - Kaidah Pendekatan Kurve Indiferen. Kaidah ini berarti bahwa sepanjang karakteristik lain sama, maka jumlah produk yang lebih sedikit. Dalam beberapa hal mungkin dapat ditemui kondisi semakin banyak semakin tidak disukai (misalnya makan kekenyangan).

Tetapi kondisi ini lebih berhubungan dengan kontrol pribadi seseorang, misalnya tidak bisa menahan diri dari makan terlalu banyak atau tidak bisa menyimpan untuk masa depan. Pada dasamya secara umum kaidah semakin banyak semakin disukai tetap dapat berlaku.

Gambar 3.4. yang disebut sebagai kurva indiferen akan memperjelas kaidah ini. Kombinasi B dan C yang semakin jauh dari titik asal semakin disukai karena memberikan kombinasi yang lebih banyak dibandingkan dengan yang lebih dekat terhadap titik asal. Gambar 2.6, menunjukkan bahwa kombinasi B juga lebih disukai dari C, karena mengandung kombinasi B lebih disukai dari C.

Kaidah ini hanya memberikan gambaran kasar tentang kesukaan konsumen lebih menyukai suatu kombinasi dibandingkan kombinasi yang lain. Sebagaimana ditunjukkan pada gambar 2.6. kaidah di atas tidak dapat mejelaskan kombinasi manakah yang lebih disukai oleh konsumen P, Q atau R. Kurva indiferen adalah suatu kurva yang menunjukkan kombinasi antara T dan U sepanjang kurva indiferen memberikan kepuasan yang sama bagi konsumen.

Bentuk (kemiringan) kurva indiferen seorang konsumen tentunya akan berbeda dengan konsep yang dapat menjelaskan selera seorang konsumen adalah tingkat subsitusi marjinal (TSM). TSM adalah nilai absolut kemiringan kurva indiferen yang menunjukkan jumlah konsumsi produk yang bersedia dikurangi untuk subtitusi dengan produk lain, sementara kepuasan yang diperoleh oleh konsumen tetap sama.

Semakin Banyak Semakin Disukai


Konsep TSM ini ditunjukan oleh gambar 2.6. konsumen bersifat indiferen antara kombinasi B dan C jika seseorang konsumen beralih dari kombinasi P dan Q, maka dia harus mengurangi konsumsi U sebanyak 2 unit untuk menambah konsumsi T sebanyak 1 unit. Dengan demikian jika pilihan konsumen berubah dari P ke Q, maka TSM antara U dan T adalah 2.

Jika seseorang konsumen beralih dari Q ke R, konsumen mendapat tambahan produk T sebanyak 1 unit. Tetapi jumlah U yang tersedia dikorbankan hanya sebesar 1 unit juga. Kaidah ini disebut sebagai TSM yang menurun. TSM yang menurun artinya jumlah produk U yang dikorbankan oleh seorang konsumen akan semakin kecil untuk dapat menambah jumlah konsumsi produk T sebanyak 1 unit.


0 Response to "Semakin Banyak Semakin Disukai"

Post a Comment