10 Ide Atau Prisip Dasar Ekonomi Menurut Gregory Mankiw

10 Ide Atau Prisip Dasar Ekonomi Menurut Gregory Mankiw 1998 - Adalah Ilmu ekonomi memiliki banyak aspek, setiap aspek dapat dikenali sebagai elemen ilmu ekonomi karena berbagai aspek disatukan beberapa ide atau prinsip dasar.


Bagaimana Kita Membuat Keputusan 
Prinsip 1 : Kita Harus Selalu Melakukan “Trade Off” 
“Tidak ada makan siang gratis” artinya untuk memperoleh sesuatu kita harus mengorbankan hal lain yang sesungguhnya berharga bagi kita. Jika kita memiliki banyak tujuan, sebagian tujuan kita harus rela kita korbankan untuk memperoleh tujuan tertentu yang kita inginkan. Pembuat keputusan mengharuskan merelakan suatu tujuan untuk memperoleh tujuan yang kita inginkan. 

Prinsip 2 : Biaya adalah Apa yang anda korbankan untuk memperoleh sesuatu 
Pembuatan keputusan mengharuskan kita untuk selalu membadingkan manfaat dan biaya dari setiap melakukan pilihan. 

Prinsip 3 : Orang Rasional Berpikir Secara Bertahap 
Banyak keputusan dalam hidup memerlukan penyesuaian-penyesuaian kecil secara bertahap dalam proses pelaksanaannya. Dalam banyak situasi, kita akan dapat membuat keputusan terbaik jika kita mau berpikir secara bertahap. 

Prinsip 4 : Kita Bereaksi Terhadap Insentif 
Karena kita selalu membuat keputusan berdasarkan perbandingan atas segenap biaya dan manfaatnya maka perilaku kita pun akan berubah setiap perhitungan biaya dan manfaat tersebut berubah. 


10 Ide Atau Prisip Dasar Ekonomi Menurut Gregory Mankiw




Bagaimana Orang-Orang Berinteraksi 
Prinsip 5 : Perdagangan Dapat Menguntungkan Semua Pihak 
Dengan perdagangan setiap orang akan memperoleh berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan dengan harga yang jauh lebih murah. 

Prinsip 6 : Pasar Secara Umum adalah Wahana yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi
Pasar mampu menjadi ajang pergolakan aneka keputusan dan kepentingan, sehingga dapat mengorganisasi segenap kegiatan ekonomi demi menciptakan kesejahteraan ekonomi bagi berbagi pihak yang terlibat. 

Prinsip 7 : Pemerintah adakalanya dapat memperbaiki hasil-hasil mekanisme pasar
Pemerintah sesekali dapat mengintervensi pasar guna memperbesar ukuran kue ekonomi atau mengubah pembagian kue tersebut. 



Bagaimana Suatu Perekonomian Secara Keseluruhan Bekerja 
Prinsip 8 : Standar Hidup di Suatu Negara Tergantung pada kemampuan memproduksi barang dan jasa
Untuk meningkatkan standar hidup, para pembuat kebijakan harus memusatkan perhatian pada upaya-upaya peningkatan produktivitas, antara lain dengan membina pendidikan keterampilan para pekerja, mengadakan berbagai sarana dan prasarana peralatan guna menghasilkan barang dan jasa secara lebih baik, serta mencari akses tehnologi. 

Prinsip 9 : Harga-harga meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak
Dalam kebanyak kasus penyebab inflasi yang tinggi dan berlangsung lama biasanya sama yaitu pertumbuhan kuantitas uang yang beredar di masyarakat.

Prinsip 10 : Masyarakat menghadapi “trade off” jangka pendek antara inflasi dan pengangguran
Upaya meredam lonjakan inflasi seringkali mengakibatkan kenaikan sementara tingkat pengangguran. Dilema atau trade off antara inflasi dan pengangguran ini disebut sebagai Kurva Phillip.


0 Response to "10 Ide Atau Prisip Dasar Ekonomi Menurut Gregory Mankiw"

Post a Comment