Pengantar Ekonomi Mikro

Pengantar Ekonomi Mikro - Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat dalam membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Secara umum, subyek dalam ekonomi dapat dibagi dengan beberapa cara, yang paling terkenal adalah mikroekonomi vs makroekonomi. Selain itu, subyek ekonomi juga bisa dibagi menjadi positif (deskriptif) vs normatif, mainstream vs heterodox, dan lainnya. Ekonomi juga difungsikan sebagai ilmu terapan dalam manajemen keluarga, bisnis, dan pemerintah. Teori ekonomi juga dapat digunakan dalam bidang-bidang selain bidang moneter, seperti misalnya penelitian perilaku kriminal, penelitian ilmiah, kematian, politik, kesehatan, pendidikan, keluarga dan lainnya


Pengantar Ekonomi Mikro




Subyek Ilmu Ekonomi terbagi dua, yaitu : ekonomi mikro dan makro. 
1. Ekonomi mikro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari bagian-bagian kecil ekonomi seperti perilaku individu-individu, perilaku konsumen, perilaku produsen, harga, dll. 
2. Ekonomi makro yaitu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perekonomian baik suatu negara/daerah seperti inflasi, pengangguran, kemiskinan, neraca dan pertumbuhan ekonomi. 


Karena individu, perusahaan dan masyarakat secara keseluruhannya tidak mendapat semua yang mereka inginkan, sehingga harus membuat pilihan. Pada setiap aktivitas ekonomi mereka harus membuat pilihan terbaik dari beberapa alternatif pilihan yang telah mereka buat. Dalam setiap kegiatan ekonomi, yaitu dalam kegiatan memproduksi maupun mengkonsumsi barang dan jasa, setiap pelak kegiatan ekonomi harus membuat pilihan-pilihan. Tujuannya adalah agar sumber daya yang tersedia dapat digunakan secara efisien dan dapat mewujudkan kesejahteraan yang maksimum kepada pelaku ekonomi. 

Ilmu ekonomi memiliki banyak aspek, setiap aspek dapat dikenali sebagai elemen ilmu ekonomi karena berbagai aspek disatukan beberapa ide atau prinsip dasar.



10 ide atau prisip dasar ekonomi (Gregory Mankiw, 1998) tersebut adalah : 
Bagaimana Kita Membuat Keputusan 
Prinsip 1 : Kita Harus Selalu Melakukan “Trade Off” 
Prinsip 2 : Biaya adalah Apa yang anda korbankan untuk memperoleh sesuatu 
Prinsip 3 : Orang Rasional Berpikir Secara Bertahap
Prinsip 4 : Kita Bereaksi Terhadap Insentif 
Bagaimana Orang-Orang Berinteraksi 
Prinsip 5 : Perdagangan Dapat Menguntungkan Semua Pihak 
Prinsip 6 : Pasar Secara Umum adalah Wahana yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi
Prinsip 7 : Pemerintah adakalanya dapat memperbaiki hasil-hasil mekanisme pasar
Bagaimana Suatu Perekonomian Secara Keseluruhan Bekerja 
Prinsip 8 : Standar Hidup di Suatu Negara Tergantung pada kemampuan memproduksi barang dan jasa
Prinsip 9 : Harga-harga meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak
Prinsip 10 : Masyarakat menghadapi “trade off” jangka pendek antara inflasi dan pengangguran



Upaya meredam lonjakan inflasi seringkali mengakibatkan kenaikan sementara tingkat pengangguran. Dilema atau trade off antara inflasi dan pengangguran ini disebut sebagai Kurva Phillip.

Dari penjelasan diatas kini kita telah memiliki gambaran umum tentang ilmu ekonomi. Dalam bab-bab berikut kita akan mengembangkan analisis kita lebih jauh. Buku ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Pengantar Ekonomi Mikro dan Pengantar Ekonomi Makro. Bagian Pengantar Ekonomi Mikro terdiri dari sub bahasan perilaku konsumen; teori permintaan; penawaran dan keseimbangan pasar; elastisitas; teori biaya; teori produksi dan bentuk-bentuk pasar.

Sedangkan bagian Pengantar Ekonomi Makro terdiri dari sub bahasan pandangan ekonomi klasik dan Keynes tentang penentuan kegiatan ekonomi; pendapatan nasional; pengantar IS-LM; inflasi; pengangguran; uang dan peranannya dalam perekonomian; pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi dan perdagangan internasional.


0 Response to "Pengantar Ekonomi Mikro"

Post a Comment