Rangkuman Materi Gagasan Kreatif



Pada pembahasan sebelumnya, kamu telah mem pelajari materi perusahaan dan badan usaha. Perusahaan akan maju dan berkembang jika sumber daya manusia yang menjalankan perusahaan tersebut memiliki gagasan (ide) kreatif. Seorang yang kreatif akan melahirkan sikap kemandirian dalam berusaha. Perhatikanlah olehmu, bagaimana seorang produsen mainan dalam menciptakan dan membuat berbagai bentuk mainan yang menarik. Semua itu memerlukan ide-ide yang kreatif agar mampu bersaing dengan pengusaha mainan lainnya.

Sebelum kamu mempelajari materi gagasan kreatif lebih dalam, terlebih dahulu perhatikan peta konsep berikut. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memahami pentingnya gagasan kreatif untuk menumbuhkan sikap kewirausahaan.



Rangkuman Materi Gagasan Kreatif




Ikhtisar

Kreativitas (creativity) adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan, mencipta, dan berkreasi untuk menghasilkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan suatu masalah dan menemukan peluang (thinking new things).

Inovasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari kreativitas yang sudah diterima masyarakat dan bernilai secara ekonomis.

Ciri-ciri orang yang kreatif, yaitu memiliki keinginan untuk mengetahui sesuatu hal dengan jalan meneliti dan mengamati; pemikiran jauh ke depan; tanpa pamrih dan pantang menyerah; terbuka terhadap pengalaman baru; berani mengemukakan pendapat; berpikiran fleksibel, bergairah, aktif, dan berdedikasi dalam me– laksanakan tugas; serta berani belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain.

Cara memunculkan gagasan kreatif dapat dilakukan dengan memunculkan kuantitas gagasan, teknik brainstorming, dan mem– fokuskan pada tujuan akhir.

Kemandirian adalah keadaan ketika seseorang dalam kehidupannya mampu memutuskan dan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan dari orang lain di sekitarnya.

Kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam se– perangkat tindakan berupa organisasi usaha yang melembaga, produktif, dan kreatif.

Wirausaha adalah mereka yang memiliki kemampuan menggunakan sumber daya ekonomi untuk kemudian mengembangkan dan menghasilkan produk baru dari usaha yang dimilikinya.


0 Response to "Rangkuman Materi Gagasan Kreatif"

Post a Comment