Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi

Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi - Adalah mari kita pelajari lewat materi dibawah ini:



Pengertian Produksi
Pernahkan kamu memerhatikan proses pembuatan sepatu yang ada di suatu daerah. Bagaimana seorang pengrajin (produsen) membuat sepatu, mulai dari membentuk pola, menjahit, sampai dengan proses pengepakan. Semua kegiatan yang dilakukan produsen sampai menghasilkan sepatu disebut kegiatan produksi. Istilah produksi dalam bahasa Inggris, yaitu production yang berarti menghasilkan atau membuat. Produksi dalam istilah ilmu ekonomi diartikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk menghasilkan atau mempertinggi nilai kegunaan suatu barang atau jasa.

Dari definisi tersebut, ada dua hal pokok yang perlu dipahami dari produksi, yaitu sebagai berikut.
a. Produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang atau jasa.

Tuan Haryono seorang pengrajin mebel dari bahan kayu jati. Dalam satu bulan, Tuan Haryono mampu menghasilkan 2 set kursi dan 3 buah lemari pakaian.

Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi


Kegiatan Tuan Haryono menghasilkan kursi dan lemari dapat dikatakan produksi, karena dia telah mengubah kayu jati menjadi bentuk kursi dan lemari.
b. Produksi merupakan kegiatan mempertinggi nilai guna suatu barang atau jasa. Berdasarkan contoh Tuan Haryono, kegiatan mengubah kayu jati menjadi kursi dan lemari dapat dikatakan produksi, karena sebelum diproses, kayu jati memiliki nilai guna yang rendah, tetapi setelah diproses menjadi berbagai bentuk (kursi, mainan, dan lemari), nilai guna dari kayu jati tersebut menjadi tinggi.



Tujuan Produksi
Produksi barang atau jasa yang dilakukan produsen memiliki empat tujuan, yaitu sebagai berikut.
a. Menghasilkan Barang atau Jasa
Menghasilkan barang atau jasa merupakan tujuan yang paling banyak ditemui dari kegiatan produksi. Hal ini didasarkan pada kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Kebutuhan manusia yang meningkat memotivasi produsen menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan.
b. Mendapatkan Keuntungan
Secara ekonomi, mendapatkan keuntungan merupakan tujuan yang diharapkan dan rasional dari setiap kegiatan produksi. Seorang produsen akan memproduksi jika berkeyakinan mendapatkan keuntungan. Namun, jika ia berasumsi tidak mendapat keuntungan, ia tidak akan melakukan kegiatan produksi.


Sebelumnya mengenai Pengertian Konsumsi ini dapat menambah pengetahuan anda


c. Mengganti Barang yang Rusak
Daya tahan suatu barang hasil produksi terbatas. Artinya, dalam jangka waktu tertentu nilai dari barang tersebut akan berkurang atau rusak. Untuk itu, perlu adanya penggantian terhadap barang-barang tersebut. Proses mengganti barang yang rusak merupakan salah satu tujuan dilakukannya produksi.
d. Mencapai Kemakmuran
Tujuan akhir dari produksi adalah mencapai kemakmuran, tidak hanya dari sisi produsen, tetapi dari pihak konsumen juga. Pihak produsen ingin mendapatkan keuntungan yang maksimum. Namun, dari sisi lain, konsumen ingin memperoleh kepuasan yang maksimum.


0 Response to "Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi"

Post a Comment