Pengertian Konsumsi

Pengertian Konsumsi - Adalah Pernahkah kamu memerhatikan seseorang makan di rumah makan atau orang yang minum secangkir kopi di sebuah warung? Tahukah kamu, makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut harus diolah terlebih dahulu melalui proses? Misalnya, untuk menjadi kopi yang siap diminum harus melalui beberapa tahap, mulai tahap memanen buah kopi, pengeringan kopi, dan penggilingan buah kopi sampai menjadi halus. Semua proses tersebut harus melalui proses produksi. Kopi yang telah melalui proses produksi, kemudian didistribusikan ke daerah-daerah agar dapat dikonsumsi.

Kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi di dalam ekonomi dikenal dengan istilah kegiatan pokok ekonomi.


Pengertian Konsumsi
Istilah konsumsi berasal dari bahasa Latin, yaitu consumere yang artinya menghabiskan atau menggerogoti. Kemudian, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi consumption yang berarti menghabiskan atau mengurangi. Dalam ilmu ekonomi, para ahli mendefinisikan konsumsi dengan berbagai sudut pandang. Namun pada pokoknya sama, konsumsi adalah kegiatan yang ditujukan untuk menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa yang dilakukan sekaligus atau bertahap untuk memenuhi kebutuhan.

Berdasarkan pengertian tersebut, ada tiga hal pokok yang harus dipahami dari konsumsi, yaitu sebagai berikut.
a. Konsumsi adalah kegiatan menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa.
b. Konsumsi merupakan kegiatan mengurangi nilai guna suatu barang atau jasa.
c. Konsumsi merupakan kegiatan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan.

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melakukan konsumsi. Misalnya, seseorang yang sedang lapar, ia akan makan untuk memenuhi kebutuhan rasa laparnya atau seseorang yang kehausan, tentunya ia akan minum untuk memenuhi rasa hausnya. Makan dan minum tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan.


Sebelumnya mengenai Dampak Positif dan Negatif Perilaku Konsumsi ini dapat menambah pengetahuan anda.


Namun dalam perkembangannya, konsumsi tidak lagi ditujukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, tetapi konsumsi dapat juga ditujukan untuk pamer. Misalnya, orang membeli mobil mewah, bukan semata-mata ia membutuhkan mobil tersebut, tetapi untuk memperlihatkan kepada orang lain bahwa dia orang kaya.

Pengertian Konsumsi



0 Response to "Pengertian Konsumsi"

Post a Comment