Nilai Guna suatu Barang atau Jasa

Nilai Guna suatu Barang atau Jasa – Adalah mari kita pelajari dengan rangkuman materi dibawah ini. Materi disajikan dengan sangat singkat dan padat agar mudah untuk dipahami semuanya.


Nilai guna adalah nilai yang dapat digunakan dari memproduksi suatu barang atau jasa. Nilai guna suatu barang atau jasa dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu nilai guna berdasarkan bentuk, tempat, waktu, dan kepemilikannya.
a. Nilai Guna Berdasarkan Bentuknya (Form Utility)
Suatu barang akan menjadi tinggi nilai gunanya setelah melalui proses produksi. Misalnya, sebatang kayu diolah menjadi kursi. Nilai guna kayu sebelum diolah memiliki nilai yang rendah. Namun, setelah diproses menjadi kursi, nilainya menjadi lebih tinggi.
b. Nilai Guna Berdasarkan Tempatnya (Place Utility)
Mungkin tidak pernah terpikirkan olehmu, bagaimana letusan gunungapi akan membawa manfaat yang tinggi? Misalnya, letusan Gunung Merapi di Provinsi Yogyakarta- Jawa Tengah, membawa jutaan meter kubik pasir. Bagi masyarakat sekitar, nilai guna pasir rendah, tetapi setelah dibawa ke kota, nilainya menjadi lebih tinggi.

Nilai Guna suatu Barang atau Jasa


c. Nilai Guna Berdasarkan Waktu (Time Utility)
Pada musim kemarau, jas hujan nilai gunanya rendah karena orang tidak akan menggunakan jas tersebut. Namun, ketika musim hujan tiba, jas hujan nilainya menjadi lebih tinggi karena orang memerlukan jas tersebut. Dengan demikian, jas hujan akan memiliki nilai guna yang tinggi dipengaruhi oleh waktu.


Sebelumnya mengenai Pengertian Produksi dan Tujuan Produksi ini dapat menambah pengetahuan anda.


d. Nilai Guna Berdasarkan Kepemilikan (Ownership Utility)
Bagi seorang petani memiliki cangkul atau traktor merupakan hal yang penting. Cangkul berguna bagi petani untuk mengolah tanah pertanian. Namun, nilai guna cangkul atau traktor menjadi rendah jika dimiliki seorang fotografer. Artinya, berdasarkan kepemilikannya nilai suatu barang akan menjadi lebih tinggi.


Sekian sudah materi mengenai Nilai Guna suatu Barang atau Jasa yang kita pelajari hari ini. Semoga apa yang ada di dalam materi dapat berguna bagi semua yang membutuhkan terutama yang membaca materi ini. Cukup sekian basa basinya dari admin, jangan bosan untuk terus membuka blog ss belajar, jadikan blog ini sebagai catatan pelajaran kalian.


0 Response to "Nilai Guna suatu Barang atau Jasa"

Post a Comment