Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli

Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli - Adalah mari kita pelajari dengan rangkuman dibawah ini:



1) Sumber Daya Alam (Natural Resources)
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang telah tersedia di alam dan dapat digunakan untuk proses produksi dalam usaha mencapai kemakmuran. Ketersedian sumber daya alam jumlahnya terbatas. Misalnya minyak bumi, dalam jumlah dan jangka waktu tertentu jika digunakan secara terus menerus akan habis dan mengalami kelangkaan. Selain ketersediaannya terbatas, sumber daya alam penyebarannya tidak merata. Artinya, sumber daya alam tidak terdapat di setiap daerah. Misalnya, pohon rotan tidak tersedia di Pulau Jawa, tetapi dapat ditemui di Pulau Kalimantan.
Sumber daya alam dapat dibagi menjadi sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya tidak dapat diperbarui. Sumber daya dapat diperbarui merupakan sumber daya yang dalam jumlah tertentu dapat diperbaiki jika telah habis. Misalnya, pengolahan kayu sebagai hasil hutan. Adapun sumber daya alam yang tidak dapat dipebarui adalah sumber daya alam yang tidak bisa diperbaiki, kalaupun bisa memerlukan waktu yang lama. Contohnya, minyak bumi, sumber mineral, dan barang tambang lainnya.


Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli



2) Faktor Produksi Tenaga Kerja (Labour)
Tenaga kerja adalah segala kemampuan manusia, baik fisik (jasmani) maupun rohani yang digunakan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa. Sumber daya manusia yang melimpah merupakan asset pembangunan jika dikelola dengan baik.
Tenaga kerja dapat berupa tenaga kerja jasmani maupun rohani. Tenaga kerja jasmani adalah segala kemampuan fisik yang diperlukan dalam proses produksi. Adapun tenaga kerja rohani adalah segala kemampuan psikis yang diperlukan dalam proses produksi, biasanya berupa ide dan gagasan.


sebelumnya mengenai Nilai Guna Suatu Barang Atau Jasa ini dapat menambah pengetahuan anda


Tenaga kerja menurut kualitasnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
a) Tenaga kerja terdidik, yaitu tenaga kerja yang diperoleh melalui pendidikan formal. Misalnya, dokter, dosen, arsitek, dan pengacara.
b) Tenaga kerja terlatih, yaitu tenaga kerja yang diperoleh melalui pengalaman atau melalui latihan yang cukup panjang. Misalnya, mekanik, sopir, dan teknisi.
c) Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, yaitu tenaga kerja yang tidak memerlukan jenjang pendidikan formal maupun pengalaman. Misalnya, pembantu rumah tangga, pekerja perkebunan, dan kuli angkut. 


0 Response to "Macam Macam Jenis Faktor Produksi Asli"

Post a Comment