Ragam Bentuk Penggunaan Lahan di Muka Bumi

Ragam Bentuk Penggunaan Lahan di Muka Bumi - Adalah Bentuk penggunaan lahan di berbagai wilayah berbeda-beda. Perbedaan bentuk penggunaan lahan di sebabkan oleh perbedaan kondisi fisik di berbagai wilayah. Faktor kondisi fisik yang berpengaruh terhadap bentuk penggunaan lahan, antara lain sebagi berikut.
1. Kondisi iklim dan cuaca
2. Kebutuhan tanah
3. Morfologi (bentuk lahan)
4. Potensi sumber daya alam

Bagaimana kondisi iklim dan cuaca berpengaruh terhadap bentuk penggunaan lahan? Curah hujan sebagai salah satu unsur cuaca dan iklim berpengaruh terhadap bentuk penggunaan lahan. Daerah dengan curah hujan yang tinggi sangat cocok dijadikan lahan pertanian. Begitu pula dengan tanah yang subur sangat cocok dijadikan lahan pertanian dan perkebunan.


Ragam Bentuk Penggunaan Lahan di Muka Bumi



Pola penggunaan lahan pada suatu wilayah di permukaan bumi akan sangat menentukan kegiatan ekonomi penduduk. Misalnya, ketika kamu berjalan– jalan di sekitar pematang sawah dengan hamparan areal sawahnya yang luas dapat menjadi indikasi bahwa sebagian besar penduduk bermata pencarian sebagai seorang petani.

Adapun di daerah pesisir pantai, dapat dipastikan sebagian besar penduduk bermata pencarian sebagai nelayan. Ragam bentuk muka bumi menjadi faktor penentu pola kegiatan perekonomian penduduk di muka bumi. Selain dari ragam bentuk muka bumi, potensi sumber daya alam pun menjadi faktor pendorong pola kegiatan perekonomian yang berkembang di masyarakat.



Berikut akan dijelaskan mengenai ragam bentuk penggunaan lahan yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar.
Lahan di wilayah perdesaan sebagian besar difungsikan sebagai lahan pertanian. Pola permukiman di wilayah perdesaan umum nya terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.
a. Pola Permukiman Memusat
b. Pola Permukiman Menyebar

Kawasan kota secara alamiah merupakan desa yang telah mengalami perkembangan ke arah yang lebih maju. Misalnya Jakarta yang sekarang ini menjadi kota metropolitan. Kota merupakan sistem jaringan kehidupan manusia yang memiliki ragam kondisi sosial yang khas, yaitu tingkat pertumbuhan penduduk tinggi, pola kehidupan masyarakat yang heterogen, dan adanya kompleksitas etnis sebagai pengaruh urbanisasi.
a. Pola Keruangan Konsentris
b. Pola Keruangan Sektoral
c. Pola Keruangan Inti Ganda


0 Response to "Ragam Bentuk Penggunaan Lahan di Muka Bumi"

Post a Comment