Pengertian Perdagangan Internasional

Apakah perdagangan internasional itu? Perdagangan internasional dapat didefinisikan sebagai perdagangan antarnegara atau lintas negara, yang mencakup ekspor dan impor. Perdagangan internasional dibagi menjadi dua kategori, yakni perdagangan barang (fisik) dan perdagangan jasa.

perekonomian terbuka


Perdagangan jasa, antara lain, terdiri atas biaya transportasi, perjalanan (travel), asuransi, dan jasa konsultan asing. Kapankah bangsa Indonesia mulai melakukan perdagangan internasional? Perdagangan internasional sebenarnya telah dilakukan bangsa Indonesia sebelum datangnya para penjajah. Waktu itu banyak saudagar dari Cina, Persia, dan India berdatangan secara damai ke wilayah kerajaan-kerajaan seperti Kerajaan Samudra Pasai di Sumatra, Kerajaan Ternate dan Tidore di Kepulauan Ambon, Kerajaan Banten dan Majapahit di Pulau Jawa, Kerajaan Kutai di Kalimantan, dan Kerajaan Gowa di Sulawesi.

Mereka berlayar ke Indonesia untuk membeli hasil-hasil alam dari Indonesia untuk dijual kembali ke negara mereka dan negara-negara lain. Hingga datanglah para penjajah seperti Spanyol, Inggris, Portugis, Belanda bahkan Jepang. Indonesia dikuasai mereka hingga berabad-abad lamanya. Produk hasil bumi dari Indonesia dikuasai untuk memperkaya negara mereka. Namun, perdagangan internasional tetap berlangsung walaupun melalui tangan-tangan para penjajah.

perdagangan internasional


Di masa kemerdekaan, perdagangan internasional semakin dikembangkan. Bahkan Indonesia pernah menjadi pengekspor minyak bumi, beras, dan hasil bumi lainnya. Pemerintah membuka kerja sama ekonomi dengan berbagai Negara untuk memperlancar perdagangan internasional.

Anda telah mempelajari materi tentang pengertian perdagangan internasional. Perdagangan internasional tidak akan terjadi begitu saja tanpa ada faktor-faktor yang memengaruhinya. Lalu, faktor-faktor apakah yang mendorong terjadinya perdagangan internasional? Simak lebih lanjut pada subbab berikut ini!

0 Response to "Pengertian Perdagangan Internasional"

Post a Comment