Pengertian Perekonomian Terbuka

Apakah perekonomian terbuka itu? Apa saja yang terkait dalam perekonomian terbuka? Untuk memahami segala hal mengenai perekonomian terbuka, Anda sebaiknya mempelajari materi dalam bab ini. Perhatikan gambar peta konsep berikut ini!

Perekonomian terbuka


Perdagangan internasional telah dilakukan oleh semua negara yang menganut sistem perekonomian terbuka. Karena kegiatan ekonomi seperti perdagangan internasional merupakan gambaran bahwa antarnegara telah melakukan suatu hubungan. Hubungan itu dicerminkan dalam kegiatan ekspor dan impor. Maka, ekspor-impor memegang peranan yang penting dalam perdagangan internasional. Mengapa demikian? Apa sajakah faktorfaktor pendorong terjadinya perdagangan internasional? Tahukah Anda, aspek-aspek apa yang terlibat di dalamnya? Bagaimana dengan kurs valuta asing? Apa hubungan perdagangan internasional dengan neraca pembayaran dan neraca perdagangan?

Meskipun perdagangan internasional memberi keuntungan bagi masingmasing negara, namun tetap saja ada negara yang membatasi kegiatan ekspor-impornya dengan menetapkan berbagai kebijaksanaan perdagangan internasional. Apakah bentuk-bentuk kebijaksanaan yang diterapkan pemerintah tersebut? Apa tujuannya? Bagaimana pengaruh kebijaksanaan pemerintah itu terhadap devisa negara?

Coba Anda renungkan, mungkinkah sekarang ini suatu Negara dapat mengatasi permasalahan ekonominya tanpa bekerja sama dengan negara lain? Permasalahan ekonomi kian hari semakin berkembang sedangkan sumber daya yang tersedia relative terbatas. Demikian pula dengan kondisi setiap negara berbeda dengan negara lain. Baik dalam hal teknologi, sumber daya alam, kependudukan, dan lain-lain.

contoh perekonomian terbuka


Sebagai contoh kita membutuhkan sarana komunikasi seperti handphone, tapi belum mampu memproduksinya sendiri, sehingga kita harus mengimpor dari negara lain. Di lain pihak, kita memiliki produk-produk pertanian, perkebunan, dan kehutanan yang melimpah seperti kelapa sawit, cengkeh, kayu, buah dan sayur-sayuran yang kita ekspor ke negara lain.

Dengan demikian, muncullah perdagangan antarnegara (ekspor-impor). Itulah yang dinamakan perekonomian terbuka, yaitu suatu perekonomian atau negara yang ekonominya terlibat secara luas dalam perdagangan internasional. Setelah Anda mengetahui tentang perekonomian terbuka, berikut ini kita bahas materi yang berkaitan dengan perdagangan internasional.

Itulah sedikit mengenai perekonomian terbuka, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Perekonomian Terbuka"

Post a Comment