Maksimisasi Nilai Guna

Maksimisasi Nilai Guna - Adalah mari kita bahas dengan rangkuman materinya di sini. Nilai guna (Utility) adalah kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi suatu barang. Nilai Guna Total (Total Utility/TU) adalah total kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi suatu barang. Nilai Guna Tambahan (Marginal Utility/MU) adalah tambahan kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi tambahan satu unit produk/barang.



Maksimisasi Nilai Guna
Maksimisasi Nilai Guna 1




Setiap orang berusaha untuk memaksimalkan kepuasan dari mengkonsumsi barang. Untuk konsumsi satu jenis barang, maka kepuasan maksimum dapat dicapai pada saat nilai guna total (TU) mencapai maksimum. Jika konsumen mengkonsumsi lebih dari satu barang, maka penentuan kepuasan maksimum dapat dicapai:

Jika ada 2 barang dan harganya sama, maka kepuasan maksimum MUx=MUy
Jika ada 2 barang dengan harga yang berbeda, maka tambahan kepuasan (MU) yang lebih besar diperoleh dari barang dengan harga yang lebih rendah dengan MUx=MUy

Dengan harga barang yang berbeda, maka syarat untuk memperoleh nilai guna maksimum (TU) adalah setiap rupiah yang dikeluarkan untuk 1 unit tambahan berbagai jenis barang akan memberikan MU yang sam atau

rumus Maksimisasi Nilai Guna 1


Contoh.
Px = Rp 4.000/unit,dengan nilai guna marginal (MUx) = 12, Py = Rp 5.000/unit dengan nilai guna marginal (MUy)= 15, dan anggaran Rp 100.000

cara hitung Maksimisasi Nilai Guna 1


Sebelumnya mengenai Hukum Gossen 1 ini dapat menambah pengetahuan anda


Faktor yang dapat merubah permintaan suatu barang:

1. Faktor substitusi/penggantian (substitution effect)
Jika P naik, maka MU per rupiah menjadi turun dan sebaliknya dan barang lain tidak berubah, maka konsumen akan menambah konsumsi barang dengan P tetap dan mengurangi barang dengan P naik. Dengan demikian demand barang dengan P naik menjadi turun dan meningkatkan demand barang dengan P tetap.
2. Faktor pendapatan (Income effect)
Dengan pendapatan tetap dan P naik (turun), maka daya beli pendapatan menurun (meningkat), sehingga konsumen mengurangi (menambah) konsumsi barang dengan P naik (turun).


Sekian mengenai Maksimisasi Nilai Guna, semoga apa yang tertera dalam materi di blog ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan semua yang membutuhkan informasi atau pengetahuan ini.

0 Response to "Maksimisasi Nilai Guna"

Post a Comment