Pengertian Fungsi Saluran Lembaga Distribusi

Pengertian Fungsi Saluran Lembaga Distribusi - Adalah Pada zaman sekarang, kegiatan distribusi menjadi penting dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia. Demikian pentingnya kegiatan distribusi, menyebabkan kegiatan distribusi menjadi bagian dari kegiatan pokok ekonomi.



Pengertian Distribusi
Pernahkah kamu membayangkan bagaimana bukubuku pelajaran yang sekarang kamu gunakan bisa sampai di tanganmu? Bagaimana caranya buku-buku tersebut bisa sampai? Tentunya, buku-buku tersebut disalurkan dari produsen ke toko-toko buku sampai ke tangan pembeli. Proses menyalurkan barang atau jasa tersebut dalam istilah ekonomi dikenal dengan nama distribusi. Jadi, distribusi adalah setiap kegiatan yang ditujukan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.



Fungsi Distribusi
Setiap perusahaan memerlukan kegiatan distribusi. Selain menyalurkan barang atau jasa yang dihasilkan produsen ke konsumen, distribusi juga berfungsi meningkatkan pembangunan dan perekonomian suatu negara. Fungsi lain dari distribusi, yaitu meningkatkan pemerataan hasil-hasil produksi masyarakat suatu negara.

Dari kegiatan distribusi, semua pihak akan memperoleh manfaat. Secara umum, distribusi memiliki beberapa fungsi, di antaranya:
a. menyalurkan barang atau jasa;
b. memecahkan persoalan perbedaan waktu;
c. memecahkan persoalan perbedaan tempat;
d. menyeleksi dan mengelompokkan kombinasi barang atau jasa.

Pengertian Fungsi Saluran Lembaga Distribusi




Saluran Distribusi
Saluran distribusi adalah lembaga yang digunakan produsen untuk menyalurkan barang atau jasa agar sampai ke tangan konsumen. Saluran distribusi dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu distribusi langsung, distribusi tidak langsung, dan distribusi semi langsung.
a. Distribusi langsung, yaitu penyaluran barang atau jasa hasil produksi dari produsen langsung ke konsumen tanpa melalui perantara orang lain. Misalnya, petani sayuran yang langsung menjual hasil pertaniannya kepada konsumen.
b. Distribusi tidak langsung, yaitu penyaluran barang atau jasa hasil produksi dari produsen ke konsumen melalui perantara terlebih dahulu, seperti agen, pedagang besar, pedagang eceran, dan koperasi. Misalnya, distribusi yang dilakukan pada penjualan barang elektronik.
c. Distribusi semi langsung, yaitu penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen melalui saluran milik produsen sendiri. Misalnya, Pertamina menjual bensin atau solar melalui pom-pom bensin atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Pengertian Fungsi Saluran Lembaga Distribusi 2




Lembaga-Lembaga Distribusi
Lembaga distribusi adalah organisasi yang dibuat perseorangan atau kelompok, baik swasta maupun pemerintah, untuk mendistribusikan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Lembaga distribusi dalam kegiatannya melakukan berbagai fungsi pemasaran. Misalnya, fungsi penyimpanan, pengangkutan, pembelian, dan penjualan.


Sebelumnya mengenai Faktor yang Mempengaruhi Saluran Distribusi ini dapat menambah pengetahuan anda


Berikut lembaga-lembaga saluran distribusi.
a. Pedagang
Kedudukan pedagang dalam proses distribusi memiliki peranan dan fungsi yang penting. Pedagang dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu pedagang besar atau grosir (wholesaler) dan pedagang kecil atau pengecer (retailer).
b. Agen, Makelar, dan Komisioner
Agen adalah perantara perdagangan yang mengatas namakan suatu perusahaan tertentu. Agen akan mendapatkan keuntungan berupa komisi. Dalam menjalankan kegiatannya, agen tidak memiliki hak atas barangbarang yang diperdagangkan. Makelar (broker) atau pialang adalah perantara atas nama orang lain yang memberi kuasa untuk membeli atau menjual barang-barang tertentu. Makelar menerima balas jasa dari produsen berupa kurtasi atau provisi. Komisioner (commission merchant) adalah perantara atas nama sendiri yang berusaha mempertemukan calon pembeli dan calon penjual untuk melakukan transaksi. Seorang komisioner akan menerima balas jasa berupa komisi.
c. Eksportir dan Importir
Eksportir adalah lembaga distribusi yang mengirim barang atau jasa dari dalam negeri ke luar negeri. Adapun importir adalah lembaga distribusi yang mendatangkan barang atau jasa dari luar negeri ke dalam negeri.


0 Response to "Pengertian Fungsi Saluran Lembaga Distribusi"

Post a Comment