Faktor Faktor yang Memengaruhi Konsumsi

Faktor Faktor yang Memengaruhi Konsumsi – Adalah Besar kecilnya konsumsi yang dilakukan seseorang dipengaruhi berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan non-ekonomi.



1) Pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diterima seseorang akan memengaruhi tingkat konsumsinya.
2) Perkiraan Harga
Perkiraan terjadinya perubahan pada harga barang atau jasa turut memengaruhi konsumsi seseorang.
3) Iklan
Iklan di media cetak maupun elektronik turut memengaruhi besar kecilnya konsumsi seseorang.
4) Harga Barang yang Bersangkutan
Harga barang yang bersangkutan dapat memengaruhi konsumsi seseorang.
5) Harga Barang Lain
Selain pendapatan, perkiraan harga, iklan, dan harga barang yang bersangkutan, konsumsi juga dipengaruhi harga barang lain.



Faktor Non-Ekonomi yang Memengaruhi Konsumsi
1) Selera
Selera seseorang dalam melakukan konsumsi barang atau jasa berbeda-beda. Misalnya, ada orang yang memiliki selera membeli mobil tipe mini bus. Alasannya, dapat menampung lebih banyak anggota keluarga. Namun, ada pula orang yang memiliki selera membeli mobil tipe sedan dengan alasan kenyamanan dan kemewahan.
2) Adat Istiadat
Adat istiadat suatu daerah turut memengaruhi konsumsi yang dilakukan. Misalnya, di masyarakat Bali memiliki kebiasaan pada acara-acara tertentu, konsumsi akan janur untuk keperluan peringatan keagamaan akan meningkat.

Faktor Faktor yang Memengaruhi Konsumsi


3) Mode
Mode atau gaya hidup akan memengaruhi konsumsi seseorang. Misalnya, mode celana yang digemari oleh remaja putra tahun sekarang adalah celana yang ketat. Oleh karena itu, konsumsi remaja putra untuk membeli celana dengan model ketat akan meningkat.
4) Jumlah Keluarga
Jumlah keluarga akan memengaruhi besar kecilnya konsumsi. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, semakin meningkat konsumsi terhadap barang atau jasa. Demikian sebaliknya, jika jumlah anggota dalam satu keluarga sedikit, konsumsinya pun akan relatif lebih kecil.


Sekian materi mengenai Faktor Faktor yang Memengaruhi Konsumsi, semoga apa yang ada di dalam materi dapat menambah pengetahuan anda semua yang membaca. Tentunya semoga materi ini dapat bermanfaat bagi semuanya yang membutuhkan. Sekian untuk kali ini dan terimakasih.


0 Response to "Faktor Faktor yang Memengaruhi Konsumsi"

Post a Comment