Pengertian Hukum Kurva Permintaan Barang Dan Jasa

Pengertian Hukum Kurva Permintaan Barang Dan Jasa - Tentu kalian pernah pergi ke pasar, bukan? Di pasar itulah terjalin aktivitas pokok antara penjual dengan pembeli, yakni menjual dan membeli suatu barang. Dalam jalinan aktivitas tersebut, biasanya terjadi proses tawar menawar. Di mana pembeli menawarkan harga tertentu kepada pembeli, dan sebaliknya pembeli mengajukan harga yang sesuai keinginannya terhadap barang tersebut, sehingga pada akhirnya disepakati jumlah harga tertentu. Harga tersebut dikenal dengan harga pasar (keseimbangan).

Pengertian Hukum Kurva Permintaan Barang Dan Jasa


Pernahkah kamu mengamati fenomena menarik berkaitan dengan harga sembako menjelang hari raya? Ya, ketika menjelang hari raya harga-harga sembako melonjak drastis. Tahukah kamu mengapa bisa terjadi demikian? Salah satu faktor penyebabnya adalah tingginya tingkat permintaan masyarakat terhadap sembako.

Berdasarkan hal tersebut dapat kita ketahui bahwa permintaan memengaruhi harga. Untuk lebih jelasnya pahami materi berikut dengan sungguh-sungguh.

1. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah jumlah barang/jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat, harga, waktu, dan tempat tertentu. Permintaan akan barang dan jasa antara masing-masing orang tidaklah sama, karena masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda-beda.
a. Harga barang
b. Pendapatan masyarakat
c. Selera masyarakat
d. Kualitas barang
e. Harga barang lain yang berkaitan
f. Waktu
g. Jumlah penduduk
h. Kejadian yang akan datang

2. Hukum Permintaan
Hukum permintaan menerangkan sifat hubungan permintaan barang dan jasa dengan harganya. Hukum permintaan menerangkan bahwa “makin rendah harga suatu barang, maka makin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya makin tinggi harga barang, maka jumlah barang yang diminta makin berkurang”. Jadi, hubungan antara harga barang dengan permintaan berbanding terbalik.
Hal ini dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari, bahwa makin tinggi harga suatu barang, maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya makin turun harga suatu barang, maka permintaan pun akan meningkat.

3. Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah suatu grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau jasa dengan tingkat harganya dalam berbagai kondisi. Pada umumnya, kurva permintaan menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Bentuk ini menandakan bahwa hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga barang yang bersangkutan bersifat negatif atau berbanding terbalik. Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya makin harga barang menurun jumlah permintaan akan barang semakin meningkat.

Kurva Permintaan Barang Dan Jasa


a. Berdasarkan jumlah konsumen, permintaan dibedakan menjadi:
1) Permintaan individual
2) Permintaan pasar
b. Berdasarkan daya beli konsumen, permintaan dibedakan menjadi:
1) Permintaan efektif
2) Permintaan potensial
3) Permintaan absolut


0 Response to "Pengertian Hukum Kurva Permintaan Barang Dan Jasa"

Post a Comment