Pengertian dan Ciri Ciri Globalisasi

Pengertian dan Ciri Ciri Globalisasi – Adalah seringkali kita melihat dilayar kaca bintang-bintang sepak bola idola kita berlaga membela klubnya masing-masing. Kita juga dengan mudah mencari informasi bintang-bintang yang kita idolakan tersebut lewatmedia internet. Segala kegiatan, hobi, dan berbagai cerita tentang bintang tersebut dengan cepat kita dapat.Globalisasi teknologi informasi telah membuat seakan dunia ini semakin sempit.



Pengertian Globalisasi

Kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja (working definition), sehingga tergantung dari sisimana orangmelihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi denganmenyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.


Pengertian dan Ciri Ciri Globalisasi



Menurut pendapat J.A. Scholte (2002), menyimpulkan bahwa setidaknya ada lima kategori pengertian globalisasi yang umum ditemukan dalam literatur. Kelima kategori definisi tersebut berkaitan satu sama lain dan kadangkala saling tumpang-tindih, namun masing-masing mengandung unsur yang khas.

1) Globalisasi sebagai internasionalisasi
Dengan pemahaman ini, globalisasi dipandang sekedar ‘sebuah kata sifat (adjective) untuk menggambarkan hubungan antar-batas dari berbagai negara.
2) Globalisasi sebagai liberalisasi
Dalam pengertian ini, globalisasi merujuk pada sebuah proses penghapusan hambatan- hambatan yang dibuat oleh pemerintah terhadap mobilitas antar negara untuk menciptakan sebuah ekonomi dunia yang ‘terbuka’ dan ‘tanpa batas’.
3) Globalisasi sebagai universalisasi
Dalamkonsep ini, kata global digunakan dengan pemahaman bahwa proses ‘mendunia’ dan globalisasi merupakan proses penyebaran berbagai obyek dan pengalaman kepada semua orang ke seluruh penjuru dunia. Contoh klasik dari konsep ini adalah penyebaran teknologi komputer, televisi, internet, dll.
4) Globalisasi sebagai westernisasi atau modernisasi
Globalisasi dalam konteks ini dipahami sebagai sebuah dinamika, di mana struktur-struktur sosial modernitas (kapitalisme, rasionalisme, industrialisme, birokratisme, dsb.) disebarkan ke seluruh penjuru dunia, yang dalam prosesnya cenderung merusak budaya setempat yang telah mapan serta merampas hak self-determination rakyat setempat.
5) Globalisasi sebagai penghapusan batas-batas teritorial
Globalisasi mendorong ‘rekonfigurasi geografis, sehingga ruangsosial tidak lagi semata dipetakan dengan kawasan teritorial, jarak teritorial, dan batas-batas teritorial’.

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalah satu ‘makhluk’ yang bisa ditinjau dari berbagai segi dan disiplin. Hal itu disebabkan oleh daya pengaruh globalisasimampu menembus hampir semua segi kehidupan manusia baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.



Ciri-ciri Globalisasi

Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia:

a. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perkembangan barangbarang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
b. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacamWorld Trade Organization (WTO).
c. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). Saat ini, kita dapat mengonsumsi danmengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
d. Meningkatnyamasalah bersama,misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisismultinasional, inflasi regional dan lain-lain.



Sekian mengenai Pengertian dan Ciri Ciri Globalisasi, semoga ini dapat membantu kita yang membutuhkan informasi ini.

0 Response to "Pengertian dan Ciri Ciri Globalisasi"

Post a Comment