Pengertian Perdagangan Antarnegara

Pengertian Perdagangan Antarnegara - Tidak ada satupun negara didunia dapat melepaskan ketergantungan pada dunia internasional, oleh karena itu negara yang berhasil dalam perekonomian adalah negara yang dapat mendorong dan mempertahankan kemajuan dibidang perdagangan.

Suatu negara melakukan perdagangan internasional, karena negara tersebut, ingin memasarkan hasil produksinya dan ingin memperoleh keuntungan. Negara yang semakin banyak melakukan penjualan barang keluar negeri, akan banyak pula keuntungan yang diperoleh.




Pengertian Perdagangan Antarnegara



Pengertian Perdagangan Antarnegara

Sebelummembahas pemahaman perdagangan internasional perlu dipahami terlebih dahulu arti perdagangan. Perdagangan adalah usaha penyampaian barang dari produsen pada konsumen melalui jual beli dengan tujuan memperoleh laba.

Secara umum perdagangan mempunyai fungsi :
a. mengumpulkan dan mendistribusikan barang
b. menyortir dan memberi derajat mutu barang yang akan dijual
c. menimbun dan menyimpan barang.
d. media promosi barang yang diperdagangkan
e. memperlancar kegiatan ekonomi

Dari pengertian diatas bahwa perdagangan internasional menyangkut jual beli barang dan atau jasa antar negara/menyangkut ekspor impor. Perdagangan internasional/ antar negara adalah suatu kegiatan jual beli barang/jasa antara negara yang satu dengan negara yang lain yang saling membutuhkan dan menguntungkan. Ekspor adalah kegiatan pengiriman/ penjualan barang dari dalam negeri keluar negeri, sedangkan impor adalah kegiatanmendatangkan/pembelian barang dari luarnegeri.

Di Indonesia sendiri perdagangan antarnegara sudah ada sejak jaman Sriwijaya yang perdagangannya sampai ke negara India dan Tiongkok (Cina). Untuk tingkat perkembangan Internasional, perdagangan maju pesat sejak Columbus menemukan benuaAmerika dan Vasco Dae Gamma samapai ke India. Bangsa Eropa danAmerika pada jaman dahulu melakukan pelayaran ke wilayahAsia Tenggara terutama untuk mencari rempah-rempah. Suatu negara akanmemperoleh keuntungan apabila jumlah nilai ekspornya lebih tinggi dari jumlah nilai impornya.

Untuk mengantisipasi persaingan yang ketat dalam perdagangan internasional, Indonesia secara sadar telah menetapkan serangkaian kebijakan baik yang terkait dengan kegiatan ekspor maupun impor. Kebijakan di bidang impor antara lain adalah penjadualan penurunan tarif bea masuk sampai tahun 2003, Indonesia yang sedang mengembangkan kebijakan tentang penyederhanaan tata niaga impor, dimana barang yangmasuk Indonesia segala perijinan dipermudah. Dengan kebijakan ini dikemudian hari negara-negara lain akan lebih tertarik untuk mengadakan perdagangan internasional dengan Indonesia.

Negara-negara importir yang memasukkan barang ke Indonesia antara lain Jepang, Korea, Singapura, China, Australia danAmerika. Kebijakan ekspor yang ditempuh adalah penyerderhanaan perijinan ekspor barang dan ekspor barang yang bernilai dibawah Rp. 100 juta perijinan barang ekspor dihapuskan. Negara-negara yang menjadi tujuan ekspor Indonesia antara lain Jepang merupakan sasaran ekspor utama dan terbesar, Amerika keduanya membeli migas dari Indonesia, Australia, Malaysia, Vietnam, Rusia



Sekian mengenai Perdagangan Antar Negara, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Perdagangan Antarnegara"

Post a Comment