Pengertian Pendapatan Nasional

Pengertian Pendapatan Nasional - Besarnya pendapatan nasional setiap negara berbeda-beda. Setiap negara pasti menginginkan pendapatan nasional yang tinggi agar dapat meningkatkan kemakmuran. Akan tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendapatan nasional.

Untuk mengartikan pendapatan nasional, ada tiga sudut pandang berbeda yang perlu dipahami. Untuk memperjelas seperti apa ketiga sudut pandang tersebut, kita perlu memerhatikan bagan dan uraian berikut.

Pengertian Pendapatan Nasional


Dari bagan kegiatan ekonomi yang sudah disederhanakan tersebut, digambarkan bahwa kegiatan ekonomi suatu negara dimulai saat perusahaan melakukan kegiatan produksi yang menghasilkan output berupa barang dan jasa. Jumlah seluruh barang dan jasa yang diproduksi perusahaan di suatu negara dalam jangka waktu satu tahun disebut output nasional atau produk nasional (lihat Gambar 8.1).

Selanjutnya perusahaan akan menjual barang dan jasa yang sudah diproduksinya pada rumah tangga. Untuk membeli barang dan jasa tersebut rumah tangga harus melakukan pengeluaran. Jumlah seluruh pengeluaran yang dilakukan rumah tangga di suatu negara untuk membeli barang dan jasa dalam jangka waktu satu tahun disebut pengeluaran nasional (lihat Gambar 8.1).

Dari hasil penjualan barang dan jasa perusahaan harus membayar pada rumah tangga sebagai balas jasa terhadap faktor-faktor produksi yang sudah digunakan dalam proses produksi. Dengan demikian, rumah tangga akan menerima pendapatan. Jumlah seluruh pendapatan yang diterima rumah tangga sebagai balas jasa faktor-faktor produksi dalam jangka waktu satu tahun disebut pendapatan nasional. Hubungan antara output nasional, pengeluaran nasional dan pendapatan nasional ditulis sebagai berikut.

Output (produk) Nasional = Pengeluaran Nasional = Pendapatan Nasional

Dengan demikian, pendapatan nasional dapat dilihat dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan nilai produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendekatan pendapatan. Ketiga pendekatan itu akan menghasilkan jumlah pendapatan nasional yang sama besar. Karena ada tiga macam pendekatan dalam melihat pendapatan nasional, maka pendapatan nasional memiliki tiga arti.

Ketiga arti tersebut adalah sebagai berikut:
1. Nilai semua barang dan jasa (output) yang dihasilkan suatu negara selama satu tahun.
2. Jumlah semua pengeluaran yang terjadi pada suatu negara untuk membeli barang dan jasa selama satu tahun.
3. Jumlah semua pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi sebagai balas jasa penggunaan faktor-faktor produksi pada suatu negara selama satu tahun.

0 Response to "Pengertian Pendapatan Nasional"

Post a Comment