Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

Cara Mendirikan Koperasi Sekolah - Adalah melewati beberapa tahapan dan harus dilalui semuanya. Tahap tersebut meliputi Persiapan, Pembentukan, Pendaftaran dan Pengesahan. Semua tahap bukanlah hal yang sulit bila semua warga sekolah berbondong bondong untuk bekerja sama mendirikan koperasi sekolah guna untuk kepentingan bersama. Inilah penjelasannya



Tahap Persiapan
Koperasi sekolah didirikan melalui rapat yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya siswa atau perwakilan siswa dari setiap kelas, pengurus OSIS, para guru dan kepala sekolah, serta perwakilan dari pejabat direktorat koperasi setempat.

Dalam rapat tersebut ditetapkan mengenai pengurus koperasi dan modal koperasi yang akan dibentuk. Oleh karena itu, perlu dibentuk panitia yang akan melaksanakan dan mengoordinasikan segala keperluan untuk pembentukan koperasi sekolah tersebut. Tugas yang perlu dila kukan oleh panitia, antara lain sebagai berikut.
a) Melakukan konsultasi dengan kantor koperasi setempat mengenai segala hal yang berkaitan dengan pembentukan koperasi sekolah.
b) Menetapkan waktu, tempat, dan acara pelaksanaan rapat pemben tukan koperasi sekolah.
c) Menyiapkan administrasi rapat pembentukan, seperti daftar hadir un dangan, notulen rapat pembentukan, tata tertib, dan akta pendirian.
d) Membuat rancangan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi.
e) Membuat proposal dan mencari sumber pendanaan rapat pembentukan koperasi.
f) Mempersiapkan sistem pemilihan dan pelantikan pengurus


Cara Mendirikan Koperasi Sekolah



Tahap Pembentukan
Setelah tahap persiapan, selanjutnya dilakukan rapat resmi pembentukan koperasi sekolah. Rapat pembentukan dibagi menjadi:
a) pembukaan;
b) laporan panitia tentang tujuan pendirian koperasi sekolah;
c) penjelasan dan pengarahan tentang pembentukan koperasi sekolah oleh perwakilan dari kantor koperasi setempat;
d) pembacaan tata tertib rapat pembentukan dan pemilihan pengurus koperasi;
e) penetapan AD dan ART koperasi sekolah;
f) pemilihan serta pelantikan pengurus dan pengawas koperasi sekolah.


Tahap Pelaporan atau Pendaftaran
Dalam tahap pelaporan, pengurus terpilih segera mendaftarkan koperasi sekolah ke kantor koperasi setempat. Dalam pengajuan laporan, harus dilengkapi dengan beberapa persyaratan, antara lain sebagai berikut.
a) Akta pendirian koperasi/anggaran dasar yang telah disahkan sebanyak 2 (dua) eksemplar, salah satunya telah dibubuhi materai.
b) Petikan berita acara pembentukan koperasi sekolah.
c) Neraca awal yang menunjukkan aset atau permodalan koperasi sekolah.


Tahap Pengesahan
Tahap terakhir dari pembentukan koperasi sekolah adalah tahap pengesahan. Dalam tahap pengesahan, permohonan pengesahan ditujukan kepada direktorat jenderal koperasi tingkat provinsi setempat. Setelah persyaratan yang telah ditetapkan dipenuhi dengan lengkap, sekolah akan memperoleh surat tanda pengesahan yang akan dikirim ke sekolah yang bersangkutan. Setelah tahap ini selesai, koperasi sekolah dapat melak sanakan semua aktivitasnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.



Sekian mengenai Cara Mendirikan Koperasi Sekolah, semoga ini dapat bermanfaat bagi semua

0 Response to "Cara Mendirikan Koperasi Sekolah"

Post a Comment