Kebijakan Fiskal Pemerintah

Kebijakan fiskal pemerintah - Perhatikan Gambar II.9 pada halaman 47! Apa kaitan gambar tersebut dengan kebijakan fiskal pemerintah? Coba Anda perhatikan harga bensin, solar, dan premium di daerahmu! Kemudian, coba Anda ingat kembali, bagaimanakah kondisi harga BBM itu beberapa waktu lalu? Dari satu periode ke periode harga BBM tersebut mengalami kenaikan, bukan? Demikian juga dengan harga minyak tanah yang telah naik.

Tahukah Anda apakah alasan pemerintah menaikkan harga BBM? Berbagai hal yang terjadi pada pertanyaan-pertanyaan di atas dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah di bidang fiskal. Di antaranya pemerintah mengurangi subsidi yang diberikannya selama ini untuk mengurangi pengeluarannya.


Kebijakan Fiskal Pemerintah


Apa Itu Kebijakan Fiskal?
Tentu Anda sering mendengar pemberitaan di media massa mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Harga BBM dari waktu ke waktu senantiasa naik. Apa pengaruh kenaikan harga BBM ini terhadap keuangan negara? Apakah diuntungkan atau dirugikan? Sebagai Negara penghasil minyak bumi tentu akan diuntungkan dengan adanya kenaikan harga minyak bumi di dunia. Namun, kenyataannya negara tetap dirugikan dengan adanya kenaikan harga tersebut.

Mengapa? Karena jumlah konsumsi minyak dalam negeri lebih besar daripada jumlah yang diproduksi sehingga negara harus mengimpor untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri. Di satu sisi, harga BBM di dalam negeri lebih rendah dibanding harga di pasar internasional. Ini karena adanya subsidi BBM. Subsidi merupakan pengeluaran pemerintah. Sehingga kenaikan harga minyak bumi justru akan meningkatkan pengeluaran pemerintah untuk subsidi BBM.

Tingginya subsidi yang harus dibayarkan akan membebani APBN. Kemudian, apa yang dilakukan pemerintah untuk menekan pengeluaran subsidi tersebut, agar keuangan Negara (APBN) tetap aman? Pemerintah kadang perlu mengubah pengeluaran dan penerimaan dalam APBN untuk menyesuaikan dengan kondisi pada waktu itu. Kebijakan yang dilakukan dengan cara mengubah pengeluaran dan penerimaan negara yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas ekonomi, kesempatan kerja, pertumbuhan ekonomi, serta keadilan dalam distribusi pendapatan kita kenal dengan kebijakan fiskal atau politik fiskal.



Sekian mengenai Kebijakan Fiskal Pemerintah, semoga bermanfaat. Terimakasih

0 Response to "Kebijakan Fiskal Pemerintah"

Post a Comment