Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi - Pembangunan ekonomi yang berlangsung di suatu negara membawa dampak, baik positif maupun negatif. Apa sajakah dampak – dapak tersebut ? mari kita membahasnya pada postingan ini sekarang. Penjelasannya adalah sebagai berikut;


Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi



Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

1) Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
2) Adanya pembangunan ekonomi dimungkinkan terciptanya lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat, dengan demikian akan mengurangi pengangguran.
3) Terciptanya lapangan pekerjaan akibat adanya pembangunan ekonomi secara langsung bisa memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
4) Melalui pembangunan ekonomi dimungkinkan adanya perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, sehingga kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh negara akan semakin beragam dan dinamis.
5) Pembangunan ekonomi menuntut peningkatan kualitas SDM sehingga dalam hal ini, dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat. Dengan demikian, akan makin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

1) Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik mengakibatkan adanya kerusakan lingkungan hidup.
2) Industrialisasi mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian.


Pada dasarnya pembangunan ekonomi adalah suatu tindakan yang baik, jadi lebih banyak dampak positifnya dari pada dampak positifnya. Sebenarnya ada banyak dampak – dampak positif dan negative lainya. Anda bisa mencarinya pada buku yang tepat. Bagaimanapun juga pembangunan ekonomi sangatlah penting, terutama dalam pembangunan ekonomi yang terus baik dan konsisten dari tahun ketahun. Artinya pembangunan diharap bisa meningkat sepanjang tahun untuk bisa menjadi Negara yang maju.

Itulah materi tentang Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi. Untuk materi – materi selanjutnya silahkan dinanti. Semangat belajar kawan.

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment