Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi

Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi - Pola permukiman merupakan salah satu bentuk penggunaan lahan di muka bumi. Pernahkah kamu secara tidak sengaja mengamati bentuk rumah, pola wilayah hunian (permukiman), baik di daerah perdesaan maupun perkotaan? Pemukiman memiliki fungsi sebagai lingkungan tempat hunian dan tempat kegiatan yang mendukung kehidupan masyarakat.

Kondisi fisik dan bentukan muka bumi akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan dan permukiman. Pola permukiman penduduk yang sering dijumpai di lingkungan sekitar, antara lain sebagai berikut.

1. Pola Permukiman Memanjang (Linear)
Penggunaan lahan sangat dipengaruhi oleh ragam bentukan muka bumi. Pola permukiman memanjang (linear) terkait erat dengan jaringan sarana transportasi wilayah. Areal permukiman penduduk umumnya menempati kawasan sepanjang jalan raya, aliran sungai, atau tepi pesisir pantai.
2. Pola Permukiman Terpusat (Nucleated)
Pola permukiman lain yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar, yaitu pola permukiman terpusat yang banyak ditemukan di daerah sekitar perbukitan atau pegunungan. Kondisi dan keadaan wilayah mengakibatkan terbentuknya pola permukiman yang mengelompok. Pada umumnya lahan pertanian terletak jauh dari kawasan pemukiman. Pemekaran areal permukiman terjadi dan mengarah ke segala jurusan sesuai dengan komposisi dan pertambahan jumlah penduduk.


Sebelumnya mengenai Kegiatan Ekonomi Pertanaian dan Non Pertanian ini dapat menmabha pengetahuan anda.


3. Pola Permukiman Tersebar (Dispersed)
Pola permukiman tersebar dicirikan dengan letak dan kondisi permukiman yang terpencar-pencar antara satu wilayah permukiman dan permukiman lainnya. Pola permukiman tersebar sering dijumpai pada kawasan permukiman dengan kondisi iklim yang tidak stabil, serta topografinya yang terjal dan curam.

Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi



0 Response to "Pola Permukiman Penduduk di Muka Bumi"

Post a Comment