Rangkuman Materi Tindakan Motif dan Prinsip Ekonomi


Kebutuhan manusia yang tidak terbatas terkendala dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas jumlahnya. Untuk itu, manusia akan berusaha memenuhi kebutuhannya dengan melakukan tindakan yang efektif. Misalnya, seorang pedagang pakaian berusaha men jual barangnya kepada konsumen. Harga yang ditawar kan adalah harga yang tinggi dengan harapan akan memperoleh keuntungan. Demikian sebaliknya, konsumen akan membeli barang dengan menawar harga terlebih dahulu. Harapannya adalah memperoleh kualitas terbaik dengan harga yang murah.

Uraian tersebut merupakan salah satu contoh tindakan, motif, dan prinsip ekonomi yang akan kamu dapatkan materinya pada bab ini. Selain itu, kamu akan mendapatkan materi tentang penerapan tindakan, motif, dan prinsip ekonomi yang dilakukan produsen, distributor, dan konsumen. Namun, sebelum kamu mempelajari materi tindakan, motif, dan prinsip ekonomi lebih dalam, terlebih dahulu perhatikan peta konsep berikut. Hal ini akan mempermudah kamu dalam memahami pentingnya tindakan, motif, dan prinsip ekonomi dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia.


Rangkuman Materi Tindakan Motif dan Prinsip Ekonomi





Ikhtisar


Tindakan ekonomi adalah segala usaha yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tidak terbatas untuk mencapai kemakmuran.

Tindakan ekonomi yang dilakukan manusia pada umumnya meliputi tiga hal, yaitu tindakan ekonomi dalam konsumsi, tindakan ekonomi dalam produksi, dan tindakan ekonomi dalam distribusi.

Motif ekonomi adalah alasan atau keinginan yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi.

Secara umum, motif ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu motif berdasarkan asalnya dan motif berdasarkan aspeknya.

Motif berdasarkan asalnya terdiri atas motif intrinsik dan motif ekstrinsik.

Motif intrinsik adalah motif yang timbul atas dasar kesadaran manusia itu sendiri.

Adapun motif ekstrinsik adalah motif ekonomi yang dilandasi atas dasar dorongan atau pengaruh dari orang lain dan lingkungan.

Motif ekonomi berdasarkan aspeknya terdiri atas motif ekonomi untuk memenuhi kebutuh– an, motif untuk memperoleh kekuasaan, motif untuk kepentingan sosial, motif untuk memperoleh penghargaan, dan motif untuk memperoleh keuntungan.

Prinsip ekonomi, yaitu berusaha dengan pengor banan sekecil-kecilnya untuk men– dapat kan hasil tertentu atau dengan pengor– banan tertentu untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya (maksimal).

Ciri orang yang melaksanakan prinsip ekonomi, yaitu:
1. selalu bersikap hemat;
2. selalu memiliki skala prioritas;
3. selalu bertindak rasional;
4. selalu memerhatikan untung dan rugi.


0 Response to "Rangkuman Materi Tindakan Motif dan Prinsip Ekonomi"

Post a Comment