Pengertian Ciri Penerapan Prinsip Ekonomi

Pengertian Ciri Penerapan Prinsip Ekonomi – Adalah Dalam upaya memperoleh alat pemenuhan kebutuhan nya, manusia akan melakukan pengorbanan. Pada dasarnya, sifat manusia tidak ingin mengalami kerugian.



Pengertian Prinsip Ekonomi

Untuk itu, manusia selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi, yaitu berusaha dengan pengorbanan sekecilkecilnya untuk memperoleh hasil tertentu atau berusaha dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil sebesar-besarnya (maksimal). Orang yang melaksanakan prinsip ekonomi dalam melaksanakan tindakannya selalu hemat (efisien) dan bertindak rasional.

Pengertian Ciri Penerapan Prinsip Ekonomi




Ciri Orang yang Menerapkan Prinsip Ekonomi

Ciri-ciri orang yang melaksanakan prinsip ekonomi, yaitu sebagai berikut.
a. Selalu Bersikap Hemat
Orang yang bersikap hemat akan mempertimbangkan segala sesuatu yang akan dikonsumsi. Pertimbangan tersebut dilakukan dengan pemikiran yang matang, hati-hati, dan menghindari pemborosan. Oleh karena itu, ia akan berusaha mendapatkan barang atau jasa yang diinginkannya dengan harga yang murah, tetapi memiliki kualitas yang bagus.
b. Memiliki Skala Prioritas
Orang yang melaksanakan prinsip ekonomi memiliki skala prioritas. Artinya, dalam menentukan kebutuhan tahu mana kebutuhan yang harus didahulukan dan kebutuhan yang bisa ditunda pemenuhannya.

Zainal seorang pelajar SMP di Surabaya. Setiap hari, ia diberi uang saku Rp5.000,00. Uang tersebut dipergunakannya untuk membeli kebutuhan sekolah. Ia beranggapan kebutuhan sekolah lebih penting daripada digunakannya untuk menonton film di bioskop.

Contoh Zainal tersebut didasarkan pada prinsip ekonomi karena berusaha mendahulukan kebutuhan yang lebih penting.
c. Selalu Bertindak Rasional
Tindakan seseorang yang melaksanakan prinsip ekonomi selalu didasarkan atas rasionalitas dan perencanaan yang matang. Oleh karena itu, ia akan menghindari tindakan yang sifatnya spekulasi (untung-untungan) dan tidak didasarkan pertimbangan akal sehat.
d. Selalu Memerhatikan Untung dan Rugi
Selain bertindak rasional, orang yang melaksanakan prinsip ekonomi selalu didasarkan atas perhitungan yang jelas antara biaya (pengorbanan) dan pendapatan (manfaat) yang akan diperoleh. Jika tindakannya dinilai merugikan, ia tidak akan melaksanakan. Namun, jika tindakannya dapat menguntungkan, ia akan melakukannya.




Penerapan Prinsip Ekonomi Dalam Kehidupan

Manusia dapat melaksanakan prinsip ekonomi dalam perannya sebagai produsen, distributor, dan konsumen.

Berikut diuraikan pelaksanaan prinsip ekonomi berkaitan dengan peran manusia sebagai produsen, distributor, dan konsumen.
a. Pelaksanaan Prinsip Ekonomi oleh Produsen
Produsen melakukan usaha tertentu dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan. Oleh karena itu, produsen harus membuat perencanaan yang tepat. 
b. Pelaksanaan Prinsip Ekonomi oleh Distributor
Kegiatan distribusi penting untuk menjamin kelancaran kegiatan produksi dan konsumsi. Sama seperti produsen, distributor juga harus melakukan perencanaan yang matang dalam melakukan kegiatan distribusinya.
c. Pelaksanaan Prinsip Ekonomi oleh Konsumen
Konsumen membeli barang atau jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Dengan membeli barang atau jasa, konsumen berharap memperoleh kepuasan atau manfaat yang maksimal.


0 Response to "Pengertian Ciri Penerapan Prinsip Ekonomi"

Post a Comment