Rangkuman Materi Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi




Manusia tidak dapat hidup sendiri, keberadaannya memerlukan bantuan orang lain yang dikenal dengan istilah makhluk sosial (homo socius).

Selain sebagai makhluk sosial, manusia juga memerlukan kebutuhan dalam upaya mempertahankan hidupnya yang disebut dengan manusia ekonomi (homo economicus).

Ciri-ciri manusia ekonomi, yaitu perasaan untuk tidak pernah puas dan akan selalu berusaha untuk memuaskan kebutuhan hidupnya, dihadapkan dengan berbagai keinginan dan kebutuhan, dan berusaha mendahulukan akal rasionalitas dalam pemenuhan kebutuhannya dengan mempertimbangkan pengorbanan dan manfaat dari perbuatan yang dilakukannya.


Rangkuman Materi Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi



Penerapan manusia sebagai makhluk sosial dilakukan dengan cara membantu orang lain yang berada dalam kesulitan atau tertimpa musibah, saling bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan, seperti gotong royong, saling berkomunikasi antara manusia yang satu dan yang lainnya.

Kebutuhan adalah keinginan untuk mendapatkan barang atau jasa yang disertai kemampuan untuk membayarnya.

Kebutuhan manusia dipengaruhi oleh berb agai faktor, di antaranya keadaaan lingkungan alam, kebudayaan, waktu, agama, pendapatan, dan adat istiadat.

Sumber daya yang diperlukan untuk menyediakan alat pemenuhan kebutuhan dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, dan kewirausahaan.

Makhluk ekonomi akan berusaha untuk selalu menyusun skala prioritas dalam usaha pemenuhan kebutuhan hidupnya.


0 Response to "Rangkuman Materi Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi"

Post a Comment