Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi

Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi – Adalah Tersedianya alat pemenuhan kebutuhan berbanding terbalik dengan kebutuhan manusia. Artinya, jumlah alat pemenuhan kebutuhan manusia sifatnya terbatas, sedangkan jumlah kebutuhan manusia beragam dan tidak terbatas. Untuk memperoleh alat pemenuhan kebutuhan, manusia harus berusaha (bekerja) karena alat pemenuhan kebutuhan tersebut tidak diperoleh secara gratis. Misalnya, orangtuamu bekerja untuk memperoleh penghasilan berupa uang.

Selanjutnya, uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga, seperti membeli pakaian, makanan, sepatu, peralatan sekolah, membayar biaya sekolah, dan memenuhi kebutuhan keluargamu yang lain. Oleh karena itu, kamu harus menghargai kerja keras orangtuamu. Cara kamu menghargai kerja keras orangtuamu, di antaranya dengan menghemat uang saku dan belajar sungguh-sungguh agar prestasi sekolahmu bagus sehingga orangtuamu bangga.

Untuk menyediakan alat pemenuhan kebutuhan, diperlukan berbagai sumber daya. Ketersediaan sumber daya tersebut terbatas sehingga alat pemenuhan kebutuhan yang dihasilkan juga terbatas. Dalam ilmu ekonomi, keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan biasa disebut dengan istilah kelangkaan (scarcity).


Sumber daya yang diperlukan untuk menyediakan alat pemenuhan kebutuhan dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, modal, dan sumber daya kewirausahaan.

1. Sumber Daya Alam
Sumber daya alam ada secara alami bukan hasil buatan manusia. Sumber daya alam jumlahnya terbatas sehingga jika tidak dimanfaatkan secara tepat guna persediaannya akan cepat habis. Contoh sumber daya alam, yaitu minyak bumi, air, udara, dan bahan tambang, seperti bijih besi, emas, timah, dan batu bara.

Sumber daya alam dapat diolah menjadi bahan atau barang pemenuhan kebutuhan. Misalnya, minyak bumi diolah menjadi minyak tanah, bensin, solar, dan aspal.  Barang olahan minyak bumi tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Minyak tanah digunakan untuk bahan bakar kompor atau bensin dan solar yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan. Persediaan sumber daya alam yang terbatas harus dimanfaatkan secara bijaksana dan tidak mengurasnya secara habis-habisan.

2. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia biasa disebut juga tenaga kerja yang berada pada rentang usia produktif, yaitu 15-65 tahun. Tenaga kerja merupakan sumber daya yang terbatas karena tidak diperoleh secara gratis. Tenaga kerja dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, tenaga kerja terdidik dan terlatih, serta tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih, contohnya kuli angkut barang di pasar dan buruh kasar di pabrik. Tenaga kerja terdidik dan terlatih, contohnya pengacara, dokter, guru, arsitek, dan pilot. Adapun tenaga kerja terlatih, contohnya montir kendaraan, penjahit, dan tukang kayu.

Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi


3. Sumber Daya Modal
Modal merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia, baik berupa uang maupun barang. Ketersediaan modal dalam upaya pemenuhan kebutuhan jumlahnya terbatas. Akibatnya, penggunaannya harus dihemat agar pemanfaatannya tepat guna. Dalam perkembangannya, modal tidak hanya berbentuk uang dan barang, tetapi meliputi teknologi, peralatan informasi, dan fasilitas.


Sebelumnya mengenai Perilaku Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan ini dapat menambah pengetahuan anda


4. Sumber Daya Kewirausahaan (Entrepreneurship)
Sumber daya kewirausahaan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengelola dan menggabungkan faktor alam, manusia, dan modal untuk menghasilkan barang dan jasa. Orang yang memiliki jiwa wirausaha masih terbatas jumlahnya. Oleh karena itu, untuk memiliki jiwa dan semangat wirausaha diperlukan tekad dan usaha yang kuat.

Sumber daya yang terbatas jumlahnya tersebut digunakan untuk menghasilkan alat pemenuhan kebutuhan manusia. Alat pemenuhan kebutuhan dapat dikelompokkan berdasarkan wujud, ketersedian, tujuan penggunaan, pemakai, dan proses pembuatannya.


0 Response to "Keterbatasan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi"

Post a Comment