Sikap Menolak dan Menerima Terhadap Globalisasi

Sikap Menolak dan Menerima Terhadap Globalisasi  - Bagaimana sikap ini ? langsung saja kita bahas bersama dengan materi dibawah ini:


Sikap Menerima Globalisasi
Pendukung globalisasi (sering juga disebut dengan pro-globalisasi) menganggap bahwa globalisasi dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran ekonomi masyarakat dunia.

Mereka berpijak pada teori keunggulan komparatif . Teori ini menyatakan bahwa suatu negara dengan negara lain saling bergantung dan dapat saling menguntungkan satu sama lainnya, dan salah satu bentuknya adalah ketergantungan dalam bidang ekonomi. Disisi sosial budaya, kelompok proglobalisasi menganggap, globalisasi akan mempercepat perubahan sosial budaya yang ada di suatu masyarakat.

Masyarakat-masyarakat yang masih terasing akan lebih mengenal peradaban yang lebihmodern (lewatmediamasa tentunya), lebihmaju dan lebihmenjanjikan dalam memperbaiki pola hidup yang selama ini mereka jalani. Dengan cara meniru pola hidup masyarakat modern, akan mempercepat perubahan sosial budaya di kalangan masyarakat yang masih terasing.



Sikap Menolak Globalisasi (Anti Globalisasi)
Anti globalisasi adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politis orang-orang dan kelompok yangmenentang perjanjian dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antar negara seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

”Antiglobalisasi” dianggap oleh sebagian orang sebagai gerakan sosial, sementara yang lainnya menganggapnya sebagai istilah umum yang mencakup sejumlah gerakan sosial yang berbeda-beda.Apapun juga maksudnya, para peserta dipersatukan dalam perlawanan terhadap ekonomi dan sistem perdagangan global saat ini, yang menurut mereka mengikis lingkungan hidup, hak-hak buruh, kedaulatan nasional, dunia ketiga, dan banyak lagi penyebab-penyebab lainnya.

Sikap Menolak dan Menerima Terhadap Globalisasi


Sekian mengenai Sikap Menolak dan Menerima Masyarakat Terhadap Globalisasi, semoga ini dapat menambah pengetahuan kita.

0 Response to "Sikap Menolak dan Menerima Terhadap Globalisasi"

Post a Comment