Dampak Globalisasi dalam Aspek Kebudayaan dan Informasi

Dampak Globalisasi dalam Aspek Kebudayaan dan Informasi - Dampak globalisasi terhadap masyarakat menyangkut beberapa aspek dalam Kehidupan masyarakat. Aspek-aspek globalisasi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.



Dampak Globalisasi Aspek Kebudayaan

Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehinggamenjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama.

Perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal ke-20 dengan ebrkembangnya teknologi kemunikasi. Kontak melalui media menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antar bangsa. Perubahan tersebutmenjadikan komunikasi antarbangsa lebihmudah dulakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan.

Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan
a. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional.
b. Penyebaran prinsipmultikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya.
c. Berkembangnya turisme dan pariwisata.
d. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.
e. Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
f. Bertambah banyaknya event-event berskala global, seperti Piala Dunia FIFA.

Dalam bidang sosial budaya, globalisasi akan memberi pengaruh pada memudarnya nilai-nilai yang selama ini dianut oleh masyarakat kita, termasuk nilai-nilai agama. Pengaruh ini dapat menimbulkan perbedaan-perbedaan nilai antara generasi yang satu dengan yang lainnya. Nilai-nilai dan budaya Barat telah dengan mudah merasuk kedalam masyarakat kita selama lebih dari satu dasawarsa ini, baik melalui antena parabola maupunmelalui siaran-siaran TV swasta. Tidak syak lagi bahwa nilai-nilai Barat tersebut, khususnya Amerika Serikat, telahmemudarkan sebagian nilainilai Indonesia yang selama ini dianut oleh generasi muda kita. Sebagai akibatnya, persepsi mereka tentang berbagai aspek kehidupan pun telah pula berubah, sementara apresiasi terhadap kebudayaan lokal juga menjadi berkurang.



Dampak Globalisasi Aspek Informasi

Globalisasi informasi yang terjadi sekarang dimungkinkan oleh penggunaan media elektronik dalam mengirim dan menerima informasi. Mula-mula melalui radio dan televisi dan kemudian melalui jaringan internet. Para ahli komunikasi menyebutnya sebagai gejala time-space compression atau menyusutnya ruang dan waktu. Penggunaan radio dan tv, betapa pun luas jangkauannya, ternyata masih dapat diawasi oleh kekuasaan politik suatu negara.

Pembatasan tersebut tidak dapat diberlakukan lagi pada internet. Karena hubungan melalui internet dan e-mail tidak bisa diawasi dan dibatasi oleh pemerintahmanapun. Demikian punmedia internet inimemungkinkan pengiriman informasi dalam jumlah yang tak terbatas, dalamwaktu yang lebih cepat dari tv dan radio, dan dengan biaya yang jauh lebih murah.


Dampak Globalisasi dalam Aspek Kebudayaan dan Informasi



Keadaan tersebut membawa beberapa akibat sosial budaya. Pertama, mengecilnya ruang dan waktu telah mengakibatkan bahwa hampir tak ada kelompok orang atau bahagian dunia yang hidup dalamisolasi. Informasi tentang keadaan tempat lain, dan tentang situasi orang lain, dapat menciptakan suatu pengetahuan umum yang jauh lebih luas dan aktual dari yang ada sebelum ini.

Informasi ini pada gilirannya dapat menimbulkan suatu solidaritas. Kedua, dalam bidang politik batas-batas teritorial suatu negara menjadi tidak relevan. Batas negara tidak lagi menjadi batas informasi, karena seorang di Magelang atau di Kupang dapat berhubungan langsung dengan seorang mahasiswa di Harvard atau seorang pejuang di Afrika Selatan, tanpa dapat dihalangi oleh siapa pun.

Ketiga, suatu gejala yang amat dahsyat pengaruhnya, adalah bahwa dalam internet, atau dalam cyberspace, semua kategori dalam suatu social space menjadi tidak relevan. Diferensiasi sosial yang ada dalam masyarakat berdasarkan umur, jenis kelamin, agama, status sosial, tingkat pendidikan, besarnya pendapatan, pengalaman kerja, atau tinggi-rendahnya reputasi, bupati atau rakyat tidak ada artinya dalam cyberspace.



Sekian mengenai Dampak Globalisasi dalam Aspek Kebudayaan dan Informasi, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Dampak Globalisasi dalam Aspek Kebudayaan dan Informasi"

Post a Comment