Sektor Ekonomi Singapura

Sektor Sektor Ekonomi Singapura – Adalah Singapura memiliki sebuah pasar ekonomi yang maju dan terbuka, dengan PDB per kapita kelima tertinggi di dunia. Bidang ekspor, perindustrian dan jasa merupakan hal yang penting dalam ekonomi Singapura. Era globalisasi yang terjadi pada saat ini menyebabkan Singapura lebih perhatian kepada usaha untuk menjadikan negara tersebut sebagai sebuah pusat keuangan dan teknologi dalam kawasan Asia.


Sektor-sektor ekonomi negara Singapura adalah sebagai berikut:

1) Perindustrian
Perindustrian merupakan sektor ekonomi terpenting di Singapura selain perdagangan dan jasa. Jenis industri yang dikembangkan Singapura antara lain industri elektronik, tekstil, manufaktur, penyulingan minyak, perkapalan dan pengolahan makanan.

2) Pertanian
Lahan di Singapura relatif tidak subur/gersang. Sektor pertaniannya tidak begitu menonjol. Jenis tanaman yang diusahakan ialah karet, kelapa, dan sayur-sayuran. Tanah liat dan pasir adalah satu-satunya sumber daya mineral yang terdapat di Singapura.

3) Pariwisata
Pusat-pusat perbelanjaan dengan berbagai fasilitasmodern saat ini bertebaran di Singapura. Banyak wisatawan asing pergi ke Singapura untuk belanjamaupun berwisatamenikmati indahnya tata kotamodern, pantai yang indahmaupun pusat-pusat kebugaran yang menjamur di negeri ini.

4) Perdagangan
Perdagangan Singapura maju dengan pesat didukung letaknya yang strategis dan adanya pelabuhan alam yang besar. Pelabuhan di Singapura menjadi pelabuhan persinggahan barang-barang dari kapal-kapal yang akan didistribusikan ke negara-negara yang lain. Oleh karena itu pelabuhan Singapura dikenal sebagai pelabuhan transito.

Barang perdagangan Singapura antara lain:
a) Ekspor: barang elektronik, mesin-mesin, peralatan transportasi, produk tekstil.
b) Impor: benang tekstil, besi baja, minyak bumi.


Sektor Ekonomi Singapura



Sekian mengenai Sektor Sektor Ekonomi Singapura, semoga materi yang saya posting ini bermanfaat bagi semua.

0 Response to "Sektor Ekonomi Singapura"

Post a Comment