Perdagangan internasional

Perdagangan internasional - adalah perdagangan yang dilakukan oleh orang/ lembaga suatu negara dengan orang/lembaga negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun (jalur sutera), dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaanmultinasional, pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, bila dibandingkan perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan, misalnya dengan adanya bea, tarif, atau quota barang impor.

Selain itu, kesulitan lainnya timbul karena adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum dalam perdagangan. Ketergantungan satu negara dengan negara lainnya akan menambah maraknya perdagangan antar negara baik ekspor maupun impor. Persaingan semakin ketat karena produk suatu negara akan bersaing dengan produk negara lainnya terutama masalah harga dan kualitas hasil produksi.

Indonesia yang terlibat dalam persaingan bebas, akan menerima banyak produk-produk dari luar negeri, karena dalam persaingan bebas barang hasil produk suatu negara bebas masuk ke Indonesia, maka Indonesia harus benarbenar menyiapkan diri untuk bersaing dengan produk luar negeri.

Dengan adanya perdagangan antar negara, suatu negara berusaha memenuhi kebutuhannya disisi lain perdagangan antar negara diharapkan akan mampu menambah pendapatan negara (Devisa). Telah kalian ketahui bahwa tujuan melakukan perdagangan adalah mendapatkan keuntungan, begitu juga suatu negara melakukan perdagangan antar negara (ekspor-impor). Pada era perdagangan bebas kesiapan sumber daya manusialah yang paling menentukan.

Perdagangan internasional


Pada saat ini tidak ada satu negara pun yang mampu menghasilkan sendiri semua barang dan jasa yang dibutuhkan penduduknya. Mereka membutuhkan barang dan jasa dari negara lain.

Perdagangan internasional berpengaruh pada harga, pendapatan nasional, dan tingkat kesempatan kerja negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional tersebut.

Kegiatan ekspor dan impor merupakan kegiatan perdagangan dengan pihak luar negeri yang memegang peranan sangat penting. Adanya kegiatan ekspor dan impor akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Perdagangan internasionalmerupakan hubungan kegiatan ekonomi antarnegara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran barang atau jasa atas dasar suka rela dan saling menguntungkan.

Valuta Asing, adalah sejumlahmata uang asing yang dapat digunakan/diterima oleh dunia internasional dalam pembayaran internasional.

Pemerintah Indonesia juga memberi kesempatan kepada perusahaan asing melakukan kegiatan di Indonesia. Adanya tenaga ahli dari luar negeri dan perusahaan asing yang melakukan kegiatan di Indonesia diharapkan ada alih teknologi.

0 Response to "Perdagangan internasional"

Post a Comment