Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan


Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan




Uang dan lembaga keuangan berperan dominan dalamkegiatan ekonomi, lembaga keuangan menjembatani masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi.


Hampir setiap orang dewasa dan bahkan anak sekolah sudah mampu memanfaatkan produk bank, diantaranya adalah kartuATMyang dipergunakan sebagai saranamengambil uang tabungan untuk pembayaran keperluan sekolah, sedangkan orang tua ada yang memanfaatkan kartu ATM untuk pembayaran belanja di toko atau mall.


Lembaga keuangan dapat pula dimanfaatkan masyarakat yang memiliki kelebihan dana dan masyarakat yang kekurangan dana, bagi yang kelebihan dana akan meyimpan sebagian uangnya pada lembaga keuangan, sedangkan bagimasyarakat yang kekurangan dana bila memerlukan akanmeminjamuang dengan perjanjian tertentu guna usaha produktif.

Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan


Uang dapat diartikan sebagai segala sesuatu (benda) yang diterima masyarakat sebagai alat pertukaran dengan barang-barang dan jasa-jasa yang mempunyai ketentuan dan ciri-ciri tertentu.

Munculnya uang terdiri atas 4 tahap, yaitu pra barter, barter, uang barang dan tahap uang.

Barter (tukar menukar barang ) harus memenuhi syarat keduanya harus saling membutuhkan.

Benda/barang yang pernah digunakan sebagai uang barang antara lain, perak, emas, mutiara, kulit binatang, kulit kerang, ternak, dan sebagainya.

Syarat suatu benda bisa menjadi uang adalah : a) dapat diterima secara umum (acceptability), b) nilainya stabil (stability of value), c) mudah dibawa (portability), d) mudah disimpan tanpa mengurangi nilainya (stability of value), e) tahan lama dan tidakmudah rusak (durability), f jumlahnya mencukupi terbatas dan bersifat elastis (elasticity of suplay), dan dapat dibagi dalambagian-bagian yang kecil tanpa mengurangi nilainya (desibility).

Fungsi uang a) fungsi asli, yakni sebagai alat penukar dan sebagai satuan hitung; dan b) fungsi turunan, yakni sebagai alat pembayaran dan penyimpan kekayaan (menabung), pembentuk modal/pendorong kegiatan ekonomi, sebagai alat pencipta lapangan kerja, pembentuk/pemindah kekayaan, alat pengukur harga suatu barang, dan sebagai alat perdagangan.

Jenis uang terdiri dari uang kartal dan uang giral.

Terjadinya uang giral karena, primary deposit dan loan deposit, derivative deposit.

Nilai uang
1). Ditinjau dari pembuatannya terdiri dari nilai intrinsik dan nominal,
2). Ditinjau dari penggunaannya terdiri nilai internal dan eksternal.

0 Response to "Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan"

Post a Comment