Hubungan Penawaran Uang dengan Tingkat Harga

Teori Hubungan Penawaran Uang dengan Tingkat Harga - Adalah Pada pembahasan sebelumnya, penawaran uang didefinisikan sebagai jumlah uang yang beredar. Penawaran uang atau jumlah uang yang beredar memiliki hubungan erat dengan tingkat harga.

Apa yang terjadi bila penawaran yang ditambah? Apakah harga juga akan bertambah? Apa yang terjadi bila penawaran uang dikurangi? Apakah harga juga akan berkurang? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kita bisa memperoleh jawabannya dengan mempelajari teori-teori yang membahas hubungan penawaran uang atau jumlah uang yang beredar dengan tingkat harga. Teoriteori tersebut adalah, sebagai berikut.


Teori Kuantitas David Ricardo

Menurut David Ricardo, perubahan jumlah uang yang beredar akan memengaruhi harga. Jika jumlah uang yang beredar sedikit, harga-harga akan turun sehingga nilai uang naik. Jika jumlah uang yang beredar banyak, harga-harga akan naik sehingga nilai uang turun. Hubungan tersebut dirumuskan sebagai berikut:

M = kp

Keterangan
M = Money (jumlah uang yang beredar)
k = konstanta
p = price (tingkat harga)

Salah satu kelemahan teori David Ricardo yaitu menganggap semua uang yang dimiliki masyarakat pasti digunakan untuk membeli. Padahal ada sebagian uang yang digunakan masyarakat untuk menabung atau berinvestasi. Oleh karena itu, menurut teori ini jika jumlah uang yang beredar ditambah dua kali lipat maka harga-harga juga akan naik dua kali lipat.


Teori Kuantitas Irving Fisher

Teori Irving Fisher merupakan perbaikan dari teori David Richardo. Dalam bukunya “The Purchasing Power of Money”, Irving Fisher menyatakan bahwa nilai uang (yang ditunjukkan oleh tinggi rendahnya harga) sangat dipengaruhi oleh jumlah uang yang beredar, kecepatan peredaran uang dan volume perdagangan. Teori kuantitas Irving Fisher dirumuskan sebagai berikut:

MV = PT

Keterangan
M = money (jumlah uang yang beredar)
V = velocity (kecepatan peredaran uang)
P = price (tingkat harga umum)
T = trade (volume perdagangan)

Hubungan Penawaran Uang dengan Tingkat Harga


Kemudian, Irving Fisher menyempurnakan rumusnya dengan membagi uang menjadi dua, yaitu uang kartal(M) dan uang giral (Mi), dan membagi pula kecepatan peredaran uang menjadi dua, yaitu kecepatan peredaran uang kartal (V) dan kecepatan peredaran uang giral (V1). Dengan demikian, setelah disempurnakan rumus Irving Fisher berubah menjadi:

(MV) + (M1V1) = PxT


Teori Persediaan Kas Alfred Marshall

Teori Persediaan Kas disebut juga “Cash Balance Theory”. Menurut Alfred Marshall perubahan dalam penawaran uang atau jumlah uang yang beredar akan menimbulkan perubahan harga-harga yang sama tingkatnya. Teori ini dirumuskan, sebagai berikut.

M = k . Y dan P . T = Y

Keterangan:
M =money (jumlah uang yang beredar)
k = koefisien (jumlah uang untuk persediaan kas)
P = price (tingkat harga)
Y = yield (pendapatan)

0 Response to "Hubungan Penawaran Uang dengan Tingkat Harga"

Post a Comment