Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Arti / Pengertian, Macam dan Faktor yang Memengaruhi Penawaran – Langsung saja kita bahas berdasarkan materi berikut ini


Arti dan Macam Penawaran

Kita sering melihat para penjual di pasar dan di toko-toko menawarkan barang dagangannya. Di TV, radio, majalah, koran, dan di berbagai tempat kita juga bisa melihat berbagai iklan dari penjual/produsen yang sedang menawarkan barang dan jasanya. Jadi, penawaran di sini bisa diartikan sebagai jumlah barang atau jasa yang ditawarkan penjual/ produsen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu.

Penawaran dapat dikelompokkan menjadi dua, sebagai berikut:
a. Penawaran individu, yaitu penawaran yang berasal dari seorang penjual, misalnya penawaran dari Pak Hadi atau penawaran dari Ibu Tita.
b. Penawaran kolektif/pasar, yaitu penawaran yang merupakan kumpulan dari penawaran individu.

Faktor yang Memengaruhi Penawaran



Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Seperti permintaan, penawaran juga tidak selalu tetap. Penawaran bisa naik dan turun, bertambah atau berkurang. Menjelang Idul Fitri, para produsen atau penjual berlomba-lomba menambah penawaran. Dengan berbagai cara, produsen berusaha menarik minat pembeli agar bersedia membeli berbagai barang dan jasa yang ditawarkan. Penjual baju dan sepatu memberikan potongan harga (discount). Demikian juga para pemilik “rental car” (mobil sewaan) menjelang Idul Fitri, mereka menarik pembeli jasanya dengan berbagai diskon dan layanan tambahan. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi naik turunnya penawaran.

Faktor-faktor tersebut dijelaskan berikut ini.

a. Faktor Harga Barang atau Jasa
Bila harga suatu barang atau jasa naik, penjual atau produsesn cenderung menambah penawarannya. Dan bila harga turun, mereka cenderung mengurangi penawarannya.

b. Faktor Biaya Produksi
Bila biaya produksi naik maka penjual atau produsen akan menurunkan penawaran, karena bila harga jual tetap berarti keuntungan yang didapat makin sedikit atau bahkan bisa merugi. Sebaliknya, bila biaya produksi turun, penjual atau produsen akan menambah penawarannya.

c. Faktor Tingkat Teknologi
Apabila teknologi modern yang digunakan untuk produksi maka penawaran akan meningkat. Karena teknologi modern mampu menghasilkan barang atau jasa dengan lebih cepat dan lebih banyak.

d. Faktor Jumlah Produsen
Munculnya produsen baru otomatis akan menambah penawaran karena bertambahnya jumlah barang atau jasa yang diproduksi, sebaliknya berkurangnya jumlah produksi akan mengurangi penawaran.

e. Faktor Tujuan Tertentu dari Produsen
Dengan tujuan memperoleh laba yang sangat tinggi, penjual atau produsen akan mengurangi penawarannya. Karena penawaran berkurang, barang atau jasa akan susah diperoleh, sehingga harga terus merangkak naik. Bila harga sudah melambung tinggi baru penjual atau produsen menambah penawarannya (menjual barang yang selama ini ditimbun). Dengan cara demikian, produsen akan memperoleh laba yang sangat tinggi.

f. Faktor Jenis Barang atau Jasa
Apabila barang atau jasa termasuk jenis musiman maka bila datang musimnya penawaran akan meningkat; dan bila musimnya lewat penawaran akan berkurang kemudian menghilang. Contoh: penawaran buah-buahan, seperti durian dan lain-lain. Pada musim durian, jumlah durian yang ditawarkan melimpah ruah. Dan bila musimnya lewat, penawaran durian berkurang lalu menghilang.

g. Faktor Kebutuhan Akan Uang
Bila produsen atau penjual memerlukan uang dengan segera, mereka cenderung akan meningkatkan penawarannya agar secepat mungkin mendapat uang dari hasil penjualan, bahkan mungkin dengan cara obral.

0 Response to "Faktor yang Memengaruhi Penawaran"

Post a Comment