Kurs Tukar Valuta Asing

Kurs Tukar Valuta Asing - Pernahkah Anda pergi ke bank devisa? Cobalah pergi ke sana dan amati kurs valuta hari ini. Di sana pasti terdapat informasi mengenai kurs valuta, baik kurs jual maupun kurs beli. Kurs jual artinya harga penjualan valuta asing oleh bank, sedangkan kurs beli artinya harga pembelian valuta asing oleh bank. 

Kurs Tukar Valuta Asing


Selisih antara kurs beli dan kurs jual tersebut merupakan keuntungan bank dalam kegiatannya menjual dan membeli valuta asing. kurs jual maupun kurs beli. Perhatikanlah! Masingmasing negara memiliki mata uang dan mata uang satu negara memiliki nilai perbandingan tersendiri dengan negara lain. Hal demikian ini disebut dengan kurs valuta asing.

Nah, jika Anda terlibat perdagangan dengan orang asing yang pembayarannya dengan menggunakan mata uang asal mereka maka di manakah Anda dapat menukarkan uang rupiah anda? Anda dapat datang ke bank devisa, di tempat penukaran resmi valuta asing (authorized money changer) atau makelar valuta asing (exchange brokers) yang ada di kota Anda. Bagaimanakah prosesnya? Amati bagan berikut dan simak keterangannya!

resmi valuta asing


PT Asia Chemical Indonesia yang bergerak di bidang industri pembuatan lem menggunakan bahan baku kimiawi yang dibeli dari Korea Selatan. Bahan baku tersebut dibeli dengan menggunakan mata uang US$ (US Dolar/ USD). Oleh karena itu, PT Asia Chemical pun harus membayar dalam US$. Maka, PT Asia Chemical datang ke bank devisa, misalnya Bank BNI; untuk membeli/meminta US$ dengan menjual/menawarkan rupiah. Bila kurs jual yang berlaku pada waktu itu di BNI sebesar Rp8000,00/US$ maka untuk mendapatkan 10,000.00 US$, PT Asia Chemical Indonesia membayar rupiah pada Bank BNI sebanyak 10,000.00 US$ × Rp8000,00/US$ = Rp80.000.000,00.

Sebaliknya, PT Indah Makmur di Jakarta yang bergerak bidang garmen, menjual produknya ke Malaysia melalui perusahaan Johor Perkasa Corp. PT Indah Makmur menerima pembayaran dalam bentuk US$ sebesar 10,000.00. Namun, untuk keperluan membayar berbagai pengeluaran di dalam negeri seperti membayar gaji karyawan, pajak, membeli bahan baku, dan berbagai macam biaya lainnya; PT Indah Makmur harus menukar US$ yang diterimanya dengan uang rupiah kepada bank devisa, misalnya BCA. Bila kurs beli yang berlaku pada waktu itu di BCA adalah Rp7.900,00/US$ maka uang rupiah yang diperoleh PT Indah Makmur adalah US$ 10,000.00 × Rp7.900,00 = Rp 79.000.000,00.

Dari dua kejadian tersebut, dapat Anda ketahui perbedaan kurs jual dan kurs beli.

Perlu Anda perhatikan pula bahwa penentuan kurs jual dan kurs beli akan selalu dilihat dari sisi bank devisa. Apabila Bank BNI memerlukan jumlah valuta asing yang banyak untuk memenuhi permintaan nasabahnya maka Bank BNI dapat menghubungi bank devisa lain atau Bank Indonesia (Bank Sentral) untuk membeli valuta asing. Perhatikanlah tabel berikut ini!

penentuan kurs jual dan kurs beli


Mengapa antara kurs jual dan kurs beli ada selisih? Dalam hal ini, kurs jual suatu mata uang akan selalu lebih tinggi dari kurs belinya. Hal ini disebabkan pihak bank selalu berusaha untuk memperoleh keuntungan dari selisih penjualan dengan pembelian atau yang juga dikenal sebagai biaya transaksi. Itulah sebabnya mengapa kurs jual dan kurs beli pada setiap bank berbeda-beda.

Anda telah mempelajari tentang kurs valuta asing dalam perdagangan internasional. Pada subbab berikut ini, Anda akan mempelajari mengenai neraca perdagangan dan neraca pembayaran internasional yang akan melibatkan kurs valuta asing.

0 Response to "Kurs Tukar Valuta Asing"

Post a Comment