Cara Pertanggung Jawaban APBN

Cara Pertanggungjawaban APBN - Setiap pekerjaan yang telah dilaksanakan pasti memerlukan pertanggungjawaban. Begitu pula Anda, sebagai seorang siswa yang diberi kepercayaan orang tua untuk mengelola keuangan selama sebulan tentunya menanyakan “Nak, cukupkah uang sakumu sebulan? Mengapa? Untuk apa?” Begitu pula dengan pemerintah. Setelah menyusun kemudian melaksanakan maka tiba saatnya untuk mempertanggungjawabkan.

Bentuk pertanggungjawaban pemerintah terhadap pelaksanaan APBN disebut PAN (Perhitungan Anggaran Negara). PAN ini terlebih dahulu diperiksa oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). PAN juga merupakan pengecekan terhadap anggaran belanja yang telah direncanakan dan realisasinya, serta seberapa jauh realisasi penerimaan yang dianggarkan.

Hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK terhadap PAN diberitahukan kepada DPR dalam bentuk buku “Hasil Pemeriksaan Tahunan” (buku HAPTAH). DPR melalui komisi APBN kemudian meneliti pertanggungjawaban APBN dan memberikan pendapat mengenai hasil pemeriksaan BPK tersebut. Bentuk persetujuan DPR terhadap PAN ditetapkan dalam bentuk undang-undang.

pidato pertanggungjawaban APBN Presiden susilo bambang yudhoyono

0 Response to "Cara Pertanggung Jawaban APBN"

Post a Comment