Bunyi Hukum Gossen 1

Bunyi Hukum Gossen 1 - Adalah Hermann Heinrich Gossen lahir di Duren, Jerman, pada tanggal 10 september 1810. Ia adalah seorang ahli ekonomi jerman. Masa muda Gossen diisi dengan belajar ilmu ekonomi di Bonn di bawah pendudukan Napoleon.

Setelah menjadi ahli ekonomi, Gossen menulis buku Die Entwicklung der Desetze desa Menschlichen verkehhrs und der daraus fliebenden regeln fur menschliches handeln (perkembangan hukum-hukum tentang hubungan manusia dan aturan akibat tindakan manusia). Dalam bukunya ini Gossen menjadi orang pertama yang mengupas teori utilitas marjinal.



Bunyi Hukum Gossen 1


Gossen bekerja di pemerintahan Jerman hingga pensiun tahun 1847. Gossen meninggal pada tanggal 18 februari 1858 di koln dalam usia 48 tahun.

Pada tahun 1870-an, Leon Walras, Carl Menger, dan Wiliam Stanley Jevons masing-masing kembali memperkenalkan kembali teori utilitas marjinal. Di tengah perdebatan tentang siapa diantara ketiga orang tersebut yang merumuska teori utilitas marjinal, seorang kolega Jevons menemukan salinan Die Entwicktlung. Gossen di akui sebagai perumus teori utilitas yang asli. Teorinya dirumuskan dalam model matematika yang lebih sederhana, agar dapat dipahami masyarakat dengan mudah.


Selengkapnya Hukum Gossen I berbunyi:
"Jika jumlah suatu barang yang dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu terus ditambah, maka kepuasan total yang diperoleh juga bertambah. Akan tetapi, kepuasan marginal akan semakin berkurang. Bahkan bila konsumsi terus dilakukan, pada akhirnya tambahan kepuasan yang diperoleh akan menjadi negatif dan kepuasan total menjadi berkurang."


Hukum Gossen I tersebut menyatakan pemuasan kebutuhan secara vertikal yaitu pemuasan satu macam kebutuhan yang dilakukan secara terus-menerus, sehingga kenikmatannya semakin lama semakin berkurang dan akhirnya dicapai titik kepuasan. Namun, Hukum Gossen I mempunyai kelemahan. Dalam praktik, orang tidak akan memuaskan satu macam kebutuhan sampai sepuas-puasnya, tetapi setelah mencapai titik kepuasan tertentu akan menyusul kebutuhan yang lain, hal ini karena kebutuhan itu bermacam-macam. Maka Hukum Gossen I dilengkapi dengan Hukum Gossen II.

Pendekatan kardinal dalam analisis konsumen didasarkan pada teori Gossen I dan asumsi yang digunakan bahwa tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen dari konsumsi suatu barang dapat diukur dengan satuan tertentu seperti uang, jumlah atau buah. Semakin besar jumlah barang yang dikonsumsi, semakin besar pula tingkat kepuasaan konsumen. Konsumen yang relasional akan berusaha memaksimumkan kepuasaanya dengan pendapatan yang lebih.

Tingkat kepuasan konsumen terdiri dari dua konsep yaitu kepuasan total (total utility) dan kepuasan tambahan (marginal utility). Kepuasan total adalah kepuasan menyeluruh yang diterima oleh individu dari mengkonsumsi sejumlah barang atau jasa. Sedangkan kepuasan tambahan adalah perubahan total per unit dengan adanya perubahan jumlah barang atau jasa yang dikonsumi.


0 Response to "Bunyi Hukum Gossen 1"

Post a Comment