Pengertian Kreativitas

Pengertian Kreativitas - Kreativitas (creativity) adalah kemampuan seseorang dalam mengembangkan, mencipta, dan berkreasi untuk menghasilkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang (thinking new things). Adapun yang dimaksud ide baru bukan berarti sesuatu hal yang benar-benar baru, dari tidak ada menjadi ada. Namun, arti baru adalah bisa berupa bentuk baru atau berbeda dari yang ada sebelumnya.

Tidak ada satu pun pernyataan yang diterima secara umum mengenai, mengapa suatu kreativitas timbul? Ada dua unsur yang terkandung di dalam kreativitas. Pertama, keterampilan menunjukkan kemampuan menghasilkan sejumlah gagasan pemecahan masalah secara lancar dan cepat. Kedua, keluwesan yang mengacu pada kemampuan menemukan gagasan yang berbedadan luar biasa dalam memecahkan suatu masalah.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan inovasi (innovation)? Ya, sering kali kita bingung membedakan antara inovasi dan kreativitas. Inovasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari kreativitas yang sudah diterima masyarakat atau bernilai secara ekonomis. Sekarang sudah jelas, apa itu inovasi dan apa itu kreativitas?


Pengertian Kreativitas



Kreativitas adalah jantung dari inovasi. Tanpa kreativitas tidak akan ada inovasi. Sebaliknya, semakin tinggi kreativitas, jalan ke arah inovasi semakin lebar pula. Sayangnya, banyak pendapat yang keliru tentang kreativitas. Misalnya, kreativitas itu hanya dimiliki segelintir orang berbakat.

Berbagai penelitian membuktikan, sekalipun kreativitas bisa dirangsang dan ditingkatkan dengan latihan, tetapi tidak berarti orang cerdas dan berkemampuan akademik tinggi otomatis bisa kreatif. Untuk menjadi seorang yang kreatif tidak cukup berbekal kemampuan kreatif belaka.

John G. Young, pengarang buku berjudul Will and Won’t: Autonomy and Creativity Blocks (2002), berkesimpulan, kreativitas membutuhkan kemauan atau motivasi. Mengapa? Sebab, memiliki keterampilan, bakat, dan kemampuan kreatif tidak otomatis membuat seseorang melakukan aktivitas yang menghasilkan sesuatu yang kreatif. Ia dapat memilih untuk tidak melakukan aktivitas kreatif. Jadi, faktor dorongan atau motivasi menjadi sesuatu yang penting.


Sekian mengenai Rangkuman Materi Pengertian Kreativitas, semoga dengan materi ini, kalian semua yang membutuhkan dapat menyelesaikan permasalahan kalian. Sekian dan terimakasih


0 Response to "Pengertian Kreativitas"

Post a Comment