Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi

Cara Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi – Adalah Kenaikan kebutuhan manusia yang berlangsung, tidak sebanding dengan jumlah produksi yang dihasilkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya untuk meningkatkan hasil produksi. Upaya upaya tersebut dilakukan dengan cara ekstensifikasi, intensifikasi, diversifikasi, spesialisasi, dan mekanisasi.

a. Ekstensifikasi
Ekstensifikasi adalah upaya meningkatkan hasil produksi barang atau jasa dengan menambah faktor-faktor produksi yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Misalnya, menambah jumlah tenaga kerja. Pada sektor pertanian untuk meningkatkan hasil produksi, petani dapat melakukan ekstensifikasi, yaitu dengan menambah luas lahan pertanian atau dengan membuka lahan baru.

b. Intensifikasi
Intensifikasi adalah upaya meningkatkan hasil produksi barang atau jasa dengan meningkatkan kualitas faktor produksi. Misalnya, dengan memberikan pelatihan (trainning) bagi para karyawan. Pada usaha pertanian untuk meningkatkan hasil produksi padi, intensifikasi dilakukan dengan memberikan pemupukan secara tepat dan teratur, pengairan yang baik, serta penyemprotan tanaman yang dilakukan secara berkala.

c. Diversifikasi
Diversifikasi adalah upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa melalui penganekaragaman hasil produksi. Misalnya, dengan menambah jenis barang yang dihasilnya (diversifikasi produk). Contohnya, PT Unilever Indonesia meningkatkan hasil produksi dengan memproduksi berbagai jenis produk, seperti detergen, pasta gigi, sabun mandi, dan shampo.


Sebelumnya mengenai Macam Jenis Faktor Produksi Turunan ini dapat menambah pengetahuan anda


d. Spesialisasi
Spesialisasi adalah upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa melalui pembagian kerja berdasarkan kemampuan dan keahlian. Misalnya dalam sebuah industri garment, spesialisasi dilakukan dengan pembagian kerja, seperti karyawan yang bertugas memotong kain, membuat pola, dan menjahit pakaian sampai dengan proses akhir (finishing).

Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi


e. Mekanisasi
Mekanisasi adalah upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi barang atau jasa dengan cara mengganti peralatan yang dioperasikan secara manual dengan mesin-mesin yang proses pengerjaannya dilakukan secara otomatis. Misalnya pada usaha pertanian, untuk mengolah tanah, petani biasanya menggunakan bajak atau cangkul, tetapi dengan mekanisasi, petani dapat menggunakan traktor.




Sekian mengenai Cara Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi, semoga apa yang telah dirangkum dan dipaparkan diatas dapat membantu kalian yang membutuhkan.

0 Response to "Usaha Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Hasil Produksi"

Post a Comment