Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia - Adalah Contoh Kebutuhan setiap manusia akan berubah dan berbeda bergantung dari faktor yang memengaruhinya.


Faktor-faktor tersebut, di antaranya keadaan lingkungan alam, kebudayaan, waktu, agama, pendapatan, dan adat istiadat.

1. Keadaan Lingkungan Alam
Keadaan lingkungan alam di suatu tempat dapat memengaruhi tingkat kebutuhan masyarakat yang tinggal di tempat tersebut. Misalnya, masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan atau kutub utara akan membutuhkan pakaian dan selimut yang tebal.

Sebaliknya, bagi masyarakat yang tinggal di daerah gurun atau pantai, mereka tidak terlalu membutuhkan pakaian atau selimut yang tebal. Mereka cenderung nyaman memakai pakaian yang tipis.

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia


2. Peradaban atau Kebudayaan
Kebutuhan manusia juga berubah seiring dengan perkembangan kebudayaan. Misalnya, dahulu telepon seluler (handphone) merupakan barang mewah yang tidak semua orang dapat memilikinya. Namun sekarang, handphone sudah menjadi alat kebutuhan telekomunikasi yang biasa bagi semua orang, baik yang tinggal di kota besar maupun pelosok desa. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan siswa sekolah sudah menggunakan handphone untuk alat berkomunikasi.

3. Waktu
Perubahan waktu juga dapat menyebabkan kebutuhan berubah. Misalnya, kamu tumbuh seiring dengan waktu dari bayi sampai sekarang sudah menjadi siswa SMP. Tentunya, ukuran pakaian dan sepatu kamu ketika masih kecil sudah tidak cukup lagi jika kamu pakai sekarang. Oleh karena itu, kamu perlu membeli baju atau sepatu baru yang sesuai dengan pertumbuhan badan kamu. Dengan demikian, kebutuhan seseorang di masa lalu akan berbeda dengan kebutuhannya sekarang.

4. Agama dan Adat Istiadat
Agama dan adat istiadat juga dapat memengaruhi kebutuhan orang yang menganut agama tersebut. Misalnya, umat Islam membutuhkan mukena, sajadah, al- Quran, dan tasbih untuk melaksanakan ibadah agamanya. Umat Nasrani membutuhkan kitab Injil, perlengkapan natal, lambang salib, dan rosario dalam beribadahnya.

Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan




Sebelumnya mengenai Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi Yang Bermoral ini dapat menambah pengetahuan anda.


5. Pendapatan
Kebutuhan seseorang pada umumnya akan berubah seiring dengan pendapatan yang diperolehnya. Dengan pendapatan yang meningkat, daya belinya juga akan meningkat sehingga kebutuhannya juga akan semakin banyak. Misalnya, Pak Hasibuan seorang karyawan perusahaan swasta, ia memiliki pendapatan Rp1.000.000 per bulan. Dengan pendapatannya, ia hanya mampu memenuhi kebutuhan pokok. Namun, ketika pendapatannya naik menjadi Rp1.200.000, Pak Hasibuan selain mampu memenuhi kebutuhan pokoknya, ia pun bisa memenuhi kebutuhan lainnya, seperti menabung dan rekreasi.


0 Response to "Faktor yang Mempengaruhi Perbedaan Kebutuhan Manusia"

Post a Comment