Bidang dan Tujuan Kerjasama Ekonomi

Macam Jenis Bidang dan Tujuan Kerjasama Ekonomi - Bidang ekonomi merupakan sektor yang paling utama dalam peran memajukan pembangunan suatu negara, dengan tanpa mengabaikan faktor yang lainnya. Kehidupan masyarakat setiap harinya selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi, karena melakukan kegiatan tersebut manusia berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk mencukupi kebutuhan suatu negara, negara tersebut dapat melakukan kerjasama dengan negara-negara lain, salah satunya kerjasama dibidang ekonomi.


Kerjasama ekonomi meliputi 4 bidang
1) Perdagangan antarnegara Kegiatan jual beli (ekspor impor) barang antara dua negara atau lebih
2) Penyelenggaraan dan penerimaan jasa Kagiatan inimenyangkut penerimaan dan pengiriman jasa,misalnya pesawat terbang dariAmerika membawa barang-barang yang akan dikirimke Indonesia, dalamhal ini Indonesia menerima pemasukan jasa dari masuknya pesawat terbang ke Indonsia, fasilitas pengunaan gudang barang dsb.
3) Pinjam meminjam modal Bagi Negara berkembang, usaha meminjam modal adalah untuk usaha mengembangkan dan memjukan negara diberbagai bidang baik pinjaman keorganisasi ekonomi dunia, atau melalui pemerintahan.
4) Membayar dan menerima devisa
Bagi negara yang melakukan perdagangan internasional, pasti terjadi transaski jual beli (ekspor-impor), cara pembayaran yang digunakan adalah dengan devisa.



Tujuan kerjasama ekonomi antarnegara
1) Membebaskan bangsa-bangsa di dunia dari kemiskinan dan Kelaparan Saat masih banyak Negara-negara yang hidup adalamkemiskinan dan kelaparan terutama dinegara-negara bagian benua Afrika ( misalnya Somalia, Sudan, Ethiopia,Mali ). Negara-negara tersebut sangat memerlukan bantuan terutama pangan, serta penghapusan hutang bagi negar-negara miskin. Pada umumnya negara-negara miskin selain bahaya kelaparan, bahaya akan kesehatan juga semakin memperparqah keadaan, sehingga tenaga medis maupun obat-obatan sangat diperlukan. Pada saat terjadinya bencana Tsunami diAceh, Nias, Gempa Bumi di Yogjakarta dan sekitarnya, banyak mendapat bantuan dana, tenaga medis, alat-alat perlengkapan kesehatan, bidang pendidikan maupun pemulihan infrastruktur ekonominya dari negara Jepang, Amerika, Australia, Perancis, Malaysia maupun dari Bank Dunia
2) Membebaskan bangsa-bangsa di dunia dari keterbelakangan Ekonomi Suatu kenyataan yang ada bahwa didunia ini ada 3 kelompok tingkatan ekonomi, yaitu negara miskin, negara berkembang, sehingga negara miskin yang merupakan negara yang terbelakang kehidupan ekonominya perlu mendapat bantuan dari negara-negara lain. Indonesia sampai dengan september 2006 mempunyai PDB 781 $ US, yang tergolong negara berpendapatan rendah. Untuk batasan PDB sbb:

Bidang dan Tujuan Kerjasama Ekonomi


Berdasarkan data tersebut Indonesia termasuk negara yang berpendapatan rendah, hal ini terutama disebabkan sejak pergerakan krisis ekonomi. Perubahan drastis pada nilaimata uang Indonesia terhadap mata uang asing.
3) Memajukan perdagangan dan pembangunan Hubungan kerjasama antarnegara haruslah memberikan dampak yang menguntungkan, dari sisi ekonomi dapat dilakukan melalui kegiatan ekspor impor barang dan jasa. Sehingga apabila terjadi surplus akan digunakan untuk membiayai pembangunan.


Sekian mengenai Macam Jenis Bidang dan Tujuan Kerjasama Ekonomi, semoga ini dapat bermanfaat.

0 Response to "Bidang dan Tujuan Kerjasama Ekonomi"

Post a Comment