Pengertian Prinsip Bursa Manfaat Valuta Asing

Pengertian Prinsip Bursa Manfaat Valuta asing - Dalam melakukan pembayaran perdagangan internasional akan terjadi perbedaan jenis mata uang, dari kejadian tersebut muncullah valuta asing.


Valuta Asing (Valas)/foreign exchange (forex) diartikan sebagai mata uang asing dan alat pembayaran lainnya yang digunakan untuk melakukan atau membiayai transaksi ekonomi dan keuangan internasional/luar negeri/antar negara. Untuk negara Indonesia biasanya mempunyai catatan kurs resmi pada Bank Sentral atau Bank Indonesia, kurs adalah perbandingan nilai mata uang dalam negeri dengan nilai mata uang luar negeri.

Pengertian Prinsip Bursa Manfaat Valuta Asing


Mata uang yang sering digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung dalam transaksi ekonomi dan keuangan internasional disebut hard currency, yaitu mata uang yang nilainya relatif stabil dan kadang-kadang mengalami apresiasi atau kenaikan nilai terhadap uang lainnya, hard currency biasanya berasal dari negara-negara industri maju untuk tingkat dunia saat ini yang paling stabil adalah $US, sedangkan diKawasanAsia yang palingmenonjol adalah Jepang (Yen).

Sedangkan Soft currency adalah mata uang yang lemah yang jarang digunakan sebagai alat pembayaran dan kesatuan hitung karena nilainya relatif tidak stabil dan sering mengalami depresi atau penurunan nilai terhadap mata uang lainnya, soft currency ini biasanya berasal dari negara-negara yang sedang berkembang seperti rupiah Indonesia, peso Fillipina, bath Thailand dsb.

Total Valas yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta dari suatu negara disebut juga sebagai cadangan devisa. Cadangan devisa suatu negara dapat diketahui dari posisi balance of payment, atau neraca pembayaran internasionalnya. Neraca pembayaran berisi pemasukan suatu negara dibandingkan dengan pengeluaran suatu negara dalam satu waktu tertentu (ekspor-import). Makin banyak devisa yang dimiliki oleh pemerintah dan penduduk suatu negara maka makin besar pula kemampuan negara tersebut dalammelakukan transaksi ekonomi dan keuangan internasional danmakin kuat pula nilai mata uang negara tersebut, misalnya negara Amerika, Ingris, Jerman, Perancis, perekonomian mereka sangat kuat dan stabil.



Cadangan devisa suatu negara dikelompokkan atas :
a. Cadangan devisa resmi, yaitu cadangan devisa milik negara yang dikelola, dikuasai, diurus dan ditatausahakan oleh Bank Sentral/Bank Indonesia.
b. Cadangan devisa nasional, yaitu seluruh devisa yang dimiliki oleh perorangan, badan atau lembaga, terutama perbankan yang secara moneter merupakan kekayaan nasional.
c. Dari penjelasan tersebut, devisa merupakan alat pembayaran internasional.


Tiga prinsip pokok dalam bursa valuta asing
a. Pengertian kurs jual dan beli selalu dilihat dari sisi atau pihak bank atau money changer atau pedagang valas.
b. Kurs jual selalu lebih tinggi dari kurs beli atau sebaliknya kurs beli selalu lebih rendah dari kurs jual.
c. Kurs jual/beli dari suatu mata uang (valas) adalah sama dengan kurs beli/jual dari mata uang (valas) lawannya.
d. Perhatikanlah table berikut. Dalam menilai/menghitung valuta asing harus selalu dilihat pada PIHAK
BANK

Tiga prinsip pokok dalam bursa valuta asing


♦ Pak Hidayat membeli mesin offset ke Amerika seharga $ 10.000, berdasarkan tabel diatas maka yang dibayar Pak Jonathan dalam perhitungan rupiah adalah 10.000 x Rp. 9.122,00 = Rp. 91.220.000 artinya bahwa PakHidayat sebagai pihak pembeli danBankmenjual pada Pak Hidayat

♦ Mr. Smith yang berasal dari Singapura membeli furniture dari Bali Indonesia senilai Sin $ 2.000,-, berdasarkan tabel diatas apabila harus dirupiahkan maka nilai pembelianMr Smith adalah : 2.000 x Rp. 5.538,00 = Rp. 11.076.000 Karena pihak bankmembeli Sin $ milikMr. Smith

Indonesia Pernah mengalami krisis ekonomi, yang bersumber pada krisis moneter khususnya pada penyesuaian nilai tukar rupiah, yang semula $ 1 = Rp. 2.500, bergerak merosot samapai dengan $1 = Rp. 14.000,- sehingga barang-barang menjadi mahal luar biasa, banyak investor yang gulung tikar, tahun 2002 sudah nampak mulai stabil, dan sekarang ini tahun 2004 telah dipatok berkisar Rp. 9.000,-, dan digunakan untuk memperhitungkan adalam APBN.



Bursa Valuta Asing
Bursa adalah tempat jual beli/tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sedangkan valuta asing adalah mata uang asing, Jadi bursa valuta asing adalah tempat jual beli berbagai jenis mata uang asing. Penentuan kurs valuta asing dalam keadaan pasar bebas dibentuk oleh interaksi antara permintaan dan penawaran, permintaan akan valuta asing sebagian besar datang dari para importir yang haraus membayar impor barang dan jasa dari luar negeri, sedangkan penawaran valuta asing sebagian besar berasal dari para eksportir, yang hasil ekspornya dibayar dalam bentuk mata uang asing.

Fungsi bursa valuta asing meliputi 2 hal
a. sebagai tempat bertemu untuk memperoleh informasi tentang keadaan pasar valuta asing.
b. sebagai tempat untuk memroleh informasi nilai kurs mata uang asing
c. sebagai tempat jual beli mata uang asing
Adapun lembaga-lembaga yang diperbolehkanmenjual danmembeli valuta asing antara lain bank-bank yang telahmendapat ijin resmi seperti BankDevisa, Money Changer atau melalui makelar valuta asing.

Bursa valuta asing/pasar valuta asing berbeda dengan pasar modal, kalau bursa valuta asing tempat jual beli mata uang asing sedangkan pasar modal adalah tempat jual beli surat berharga, seperti obligasi (tanda bukti hutang), saham (surat penyertaan modal).



Manfaat adanya valuta asing
Salah satu ciri era globalisasi yang menonjol saat ini adalah adanya arus uang danmodal dalambentuk valas, berbagai jenis mata uangmengalir keluar masuk suatu negara tanpa batas. Aliran valas yang besar dan cepat untuk memenuhi tuntutan perdagangan, investasi dan spekulasi dari suatu tempat yang berlebihan ketempat yang kurang, sehingga terjadilah nilai perbedaan mata uang.
a. Arus mata uang asing yang masuk dapat mendatangkan devisa
b. dapat mengetahui nilai tukar uang suatu anegara
c. dapat menyesuaikan harga-harga barang jasa bila terjadi perubahan nilai mata uang asing
d. mempermudah orang, lembaga dalam melakukan perdagangan luar negeri, dengan mengetahui nilai mata uang asing dapat mengetahui jumlah ekspor dan impor yang dilakukan
e. mempermudah orang melakukan perjalanan keluar negeri, karena orang yangmelakukan perjalanan keluar negerimembutuhkanmata uang asing, tergantung pada negara yang akan dituju, misalnya orang Indonesia pergi ke Jepang, maka orang tersebut harus menukarkan rupiah ke mata uang Yen


Sekian mengenai Pengertian Prinsip Bursa Manfaat Valuta asing, semoga ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

0 Response to "Pengertian Prinsip Bursa Manfaat Valuta Asing"

Post a Comment