Pengertian Uang Menurut Para Ahli


Pengertian Uang Menurut Para Ahli - Uang mempunyai peranan strategis dalam kehidupan sehari, setiap orang yang melakukan kegiatan yang produktif/menghasilkan selalu mengharapkan imbalan jasa yang berbentuk uang.



Dalam usaha memenuhi kebutuhan, kalian akan dengan mudah untuk mendapatkannya , di warung, toko, Supermarket, Mall atau pasar tradisional, alat pemenuhan kebutuhan tersebut sebagian besar merupakan hasil kegiatan produksi, sehingga untuk mendapatkannya perlu pengorbanan yang berupa uang.


Pengertian Uang Menurut Para Ahli



Dari contoh kegiatan tersebut fungsi dan peranan sangat penting sekali bagi kita semua, dari anak kecil sampai orang tua. Dalamkehidupan sehari-harimanusia selalu berusahamemenuhi kebutuhan hidup dengan cara apapun, yaitu bekerja dan bekerja, karena dengan bekerja yang diharapkan adalah imbalan jasanya yaitu pendapatan yang pada umumnya diwujudkan dalambentuk uang, sehingga uangmerupakan suatu perantara untuk mendapatkan alat pemenuhan kebutuhan, guna mencapai kesejahteraan.



Sebelumnya mengenai Sejarah Uang mungkin dapat membantu.




Pengertian Uang

Uang dalamilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu berupa benda apa saja yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalamproses pertukaran barang dan jasa. Dalamilmu ekonomimodern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.


Banyak teori mengemukakan tentang pengertian uang, Uang dalam ilmu ekonomi, oleh beberapa ahli didefinisikan sbb:

a. A.C. Pigou
Dalam bukunya The Veil of Money, yang dimaksud uang adalah alat tukar.

b. D.H. Robertson
Dalam bukunya Money, ia mengatakan bahwa uang adalah sesuatu yang bisa diterima dalampembayaran untukmendapatkan barang-barang.

c. R.G. Thomas
Dalambukunya OurModern Banking menjelaskan uang adalah sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran utang.

Pada prinsipnya uang dipergunakan untuk membeli barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan, danmempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh benda lain agar tidakmudah dipalsukan. Menurut ensiklopedi Indonesia uang adalah segala sesuatu yang biasanya digunakan dan diterima secara umum sebagai alat penukar atau standar pengukuran nilai.

Jadi pengertian uang adalah sesuatu benda yang dapat mempermudah pertukaran guna mendapatkan barang dan jasa, yang mempunyai bentuk dan ciri tertentu dan diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

Pengertian sah disini adalah bahwa keberadaan uang tersebut dijamin oleh pemerintah dan dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945.




Sekian mengenai Pengertian Uang, semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Uang Menurut Para Ahli"

Post a Comment