Kegiatan Ekonomi Negara Meksiko

Kegiatan Ekonomi Negara Meksiko - Kegiatan ekonomi sebagian besar penduduk diMeksiko adalah dalam sektor pertanian dan perkebunan karena negara ini merupakan negaraagraris. Akan tetapi sektor-sektor yang lain juga dikembangkan. Berikutini berbagai sektor ekonomi di negara Meksiko.


1) Pertanian dan perkebunan
Kegiatan pertanian di Meksiko kebanyakan berada di platotengah yang subur karena merupakan lahan vulkanis dan cukupbanyak hujan.Hasil utama pertanian adalah jagung, buncis, dan gandum. Selainitu juga dihasilkan kapas, kopi, dan tebu.Meksiko ialah tanah asal coklat. Dahulu banyak coklat ditanamdi selatan tanah genting Tehuantepec. Sekarang hasil coklat ituberkurang, dan hasil kopi di daerah yang tinggi letaknya lebihmaju.Yucatan menghasilkan serat sisal.


2) Pertambangan
Hasil tambang negara Meksiko adalah sebagai berikut:
(1) Perak, Meksiko merupakan penghasil perak terbesar di dunia.Daerah pertambangannya di Guanajuato, Tazco, Pachuca,Zacatecas, dan San Luis Potosi.
(2) Tembaga, di Lembah Sungai Salinas.
(3) Minyak dan gas alam di sepanjang pantai Teluk Meksiko.
(4) Belerang, di sebelah selatan Veracruz.


3) Peternakan
Peternakan dilakukan di daerah pegununganMesa Central, yangditernakkan adalah sapi, unggas, kuda, dan babi.


4) Kehutanan
Hutan terdapat di Sierra Madre Occidental dan bagian baratnegara bagian Chihuahua. Hasilnya antara lain kayu mahoni.Pembudidayaan hutan juga dilakukan di daerah Campeche danQuintana Roo di Semenanjung Yucatan.


5) Perikanan
Daerah perikanan berada di lepas pantai Pasifik terutama diTeluk California. Selain itu juga berada di Teluk Meksiko. Hasiltangkapan utama adalah ikan sarden, tuna, dan udang.


6) Industri
Industri yang ada di negaraMeksiko antara lain sebagai berikut:
(1) Industri tekstil diMexico City dan Publa.
(2) Industri baja di Monterrey, Las Truchas, dan Toluca.Hasil-hasil lain berupa barang kimia, barang elektronik, karet,dan pengolahan minyak bumi.


7) Perdagangan
Komoditas ekspor utama Meksiko adalah perak, minyakmentah, tembaga, dan hasil pertanian. Impornya antara lain mesinmesin,bahan mentah, dan bahan pangan.

Kegiatan Ekonomi Negara Meksiko




Sekian mengenai Kegiatan Ekonomi Negara Meksiko, semoga dengan materi ini dapat bermanfaat bagi semua. Terutama bagi pembaca yang membutuhkan informasi ini. Terimakasih

0 Response to "Kegiatan Ekonomi Negara Meksiko"

Post a Comment