Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional

Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional – Adalah Mari kita membahasnya berdasarkan materi dibawah ini. Tujuan dan manfaat menghitung Pendapatan Nasional adalah sebagai berikut.

Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional



Tujuan menghitung Pendapatan Nasional
Tujuan menghitung Pendapatan Nasional, yaitu:
a. Untuk mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat mengetahui kemajuan perekonomian suatu negara. Semakin tinggi nilai pendapatan nasional, berarti semakin tinggi pula kemajuan perekonomian suatu negara.
b. Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita dapat menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kemajuan ekonomi suatu negara. Misalnya, jika suatu saat pendapatan nasional menurun, melalui penghitungan pendapatan nasional kita bisa menganalisis faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan tersebut.
c. Untuk memperoleh taksiran nilai barang dan jasa secara akurat. Dengan menghitung pendapatan nasional (GNP dan GDP) kita bisa mengetahui taksiran nilai barang dan jasa secara akurat.
d. Untuk membantu membuat rencana pembangunan. Dengan menghitung pendapatan nasional, kita bisa mengetahui berbagai lapangan usaha yang menunjang perolehan pendapatan nasional. Jadi, apabila ingin meningkatkan pendapatan nasional, pemerintah harus merencanakan pembangunan lapangan-lapangan usaha tersebut.


Manfaat menghitung Pendapatan Nasional
Manfaat penghitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut:
a. Dapat mengetahui struktur ekonomi suatu negara, apakah tergolong sebagai negara agraris, industri atau jasa. Hal itu bisa diketahui dari lapangan usaha yang memberikan sumbangan terbesar terhadap pendapatan nasional.
b. Sebagai dasar membuat kebijakan ekonomi pemerintah.
c. Dapat membandingkan keadaan perekonomian dari waktu ke waktu.
d. Dapat membandingkan keadaan perekonomian antardaerah di suatu negara.
e. Dapat membandingkan keadaan perekonomian antarnegara.

0 Response to "Tujuan dan Manfaat Menghitung Pendapatan Nasional"

Post a Comment