Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Arti / Pengertian, Macam dan Faktor Faktor yang Memengaruhi Permintaan - Apakah sebenarnya permintaan itu? Dalam pergaulan sehari-hari kita sering mendengar kata “permintaan” yang berarti sesuatu yang diinginkan atau sesuatu yang diharapkan. Lalu apa arti permintaan menurut ekonomi?

Berikut ini kita akan membahas tentang permintaan.


Arti / Pengertian dan Macam-Macam Permintaan

Menjelang tahun ajaran baru, kita melihat para orang tua beramai-ramai ingin membeli buku tulis, buku pelajaran, tas, seragam, dan peralatan sekolah lainnya. Bisa dikatakan bahwa menjelang tahun ajaran baru, permintaan terhadap buku tulis, buku pelajaran, tas, seragam, dan peralatan sekolah lain meningkat. Kemudian saat tahun ajaran baru telah lewat, permintaan terhadap peralatan sekolah akan berkurang.

Demikian pula halnya saat menjelang lebaran, orang berbondongbondong ke penjahit untuk menjahit berbagai model baju. Bisa dikatakan menjelang lebaran permintaan akan jasa penjahit meningkat. Dari uraian itu dapat disimpulkan bahwa permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diminta atau dibeli oleh konsumen pada waktu tertentu dan pada harga tertentu.

Ada bermacam-macam permintaan yang dikelompokkan berdasarkan daya beli dan jumlah peminta/konsumen.

a. Berdasarkan Daya Beli
Permintaan berdasarkan daya beli ada tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1. Permintaan absolut, yaitu permintaan yang tidak disertai daya beli atau permintaan yang tidak disertai dengan kemampuan membeli. Jadi, hanya sekedar menginginkan tapi tidak mampu membeli.
2. Permintaan potensial, yaitu permintaan yang disertai daya beli, tetapi belum digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan.
3. Permintaan efektif, yaitu permintaan yang disertai daya beli dan sudah digunakan untuk membeli barang atau jasa yang diinginkan.

b. Berdasarkan Jumlah Peminta/Konsumen
Permintaan berdasarkan jumlah peminta/konsumen ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
1. Permintaan individu, yaitu permintaan yang berasal dari seseorang, misalnya permintaan dari Indra, permintaan dari Nyonya Ani.
2. Permintaan kolektif/pasar, yaitu permintaan yang merupakan kumpulan permintaan individu.


Faktor yang Memengaruhi Permintaan

Permintaan tidak selalu tetap. Permintaan bisa naik atau turun, bertambah atau berkurang. Kita lihat bila menjelang Idul Fitri permintaan akan pakaian, sepatu, asesoris rumah, dan kue-kue akan meningkat. Dan bila Idul Fitri usai, permintaan akan barang-barang tersebut akan turun kembali. Demikian pula menjelang tahun baru, permintaan akan jasa hotel/ penginapan di daerah-daerah wisata akan melonjak tinggi, kemudian berangsur-angsur turun kembali bila tahun baru lewat.

Ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan naik turunnya permintaan. Salah satunya adalah faktor harga. Bila harga satuan barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung turun. Mengapa demikian? Karena orang umumnya tidak suka membeli sesuatu yang harganya berubah menjadi mahal. Tetapi sebaliknya, bila harga suatu barang atau jasa turun maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung akan meningkat, karena orang lebih suka membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah.

Masih banyak faktor lain yang bisa memengaruhi naik turunnya permintaan. Berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.

a. Faktor Harga Barang atau Jasa
Pada uraian di atas sudah dijelaskan, bila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, bila harga turun maka permintaan akan naik.

b. Faktor Pendapatan
Bila pendapatan pembeli/konsumen meningkat maka permintaan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah. Sebaliknya, bila pendapatan menurun maka permintaan terhadap barang dan jasa pun akan berkurang.

c. Faktor Intensitas Kebutuhan
Intensitas kebutuhan adalah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka permintaan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat. Contohnya, menjelang musim hujan orang akan terdesak untuk membeli payung dan jas hujan, sehingga permintaan terhadap dua barang tersebut akan meningkat.

d. Faktor Selera
Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Selera remaja yang meningkat pada grup band SOS (Sheila on Seven) membuat permintaan akan kaset SOS meningkat. Demikian pula sebaliknya.

e. Faktor Jumlah Penduduk

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan


Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk dapat mengurangi permintaan. Jumlah penduduk dapat berkurang dengan berbagai cara di antaranya karena bencana alam dan peperangan.

f. Faktor Perkiraan terhadap Harga pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan harga akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan cepat-cepat menambah permintaannya sebelum harga betulbetul menjadi naik. Sebaliknya, bila diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sambil menunggu harga benar-benar turun.

g. Faktor Perkiraan terhadap Pendapatan pada Masa yang akan Datang
Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan lebih berani menambah permintaannya. Sebaliknya, bila pendapatan diperkirakan akan turun maka konsumen akan mengurangi permintaannya.

h. Faktor Harga Barang Substitusi
Bila harga barang pengganti (substitusi) turun, maka permintaan terhadap barang yang digantikan akan turun, karena orang akan beralih membeli barang pengganti (substitusi). Contoh: jeruk mandarin merupakan pengganti jeruk medan, bila harga jeruk mandarin turun maka orang akan lebih banyak membeli jeruk mandarin dibanding jeruk medan. Dengan demikian, permintaan terhadap jeruk medan akan menurun.

i. Faktor Harga Barang Komplementer (Pelengkap)
Tinta adalah barang komplementer bagi pulpen. Bila harga tinta naik maka permintaan terhadap tinta akan turun. Turunnya permintaan terhadap tinta akan berakibat pada menurunnya permintaan terhadap pulpen.

j. Faktor Promosi
Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, bila promosi sedikit dan tak menarik maka permintaan umumnya akan susah meningkat.

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan"

Post a Comment